Denpasar (ANTARA News) - PT Jasamarga Bali Tol akan menutup sementara Tol Bali Mandara selama 34 jam pada rangkaian Hari Raya Nyepi mulai Minggu ini pukul 22.00 WITA hingga Selasa (1/4) pukul 08.00 WITA.

"Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali dan izin dari Menteri Pekerjaan Umum, maka dalam rangka Nyepi, tol Bali Mandara ditutup sementara," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol Akhmad Tito Karim kepada wartawan di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, penutupan tol dilakukan lebih awal dengan pertimbangan melihat pergerakan kendaraan di jalan bebas hambatan itu.

Sebaliknya pembukaan tol lebih lama yakni pukul 08.00 WITA karena petugas memerlukan persiapan untuk menghidupkan beberapa instrumen tol yang diperkirakan paling lama sekitar dua jam.

"Tetapi itu juga melihat situasi, kalau (jalan tol) lebih cepat bisa dibuka setelah satu jam dari jam 06.00 WITA saat Nyepi berakhir," kata dia.

Dia menambahkan, meski ditutup total namun untuk kondisi darurat, mendapat toleransi dengan berkoordinasi dengan petugas setempat yang memonitor.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengeluarkan Surat Edaran Nomor 003.1/6853/BKD pada 25 November 2013 perihal hari libur nasional, cuti bersama dan dispensasi hari raya suci Hindu pada tahun 2014.

Surat itu kemudian ditindaklanjuti dengan mengajukan izin kepada Menteri Pekerjaan Umum pada 13 Februari 2014 untuk menutup sementara jalan tol dan telah disetujui pada 24 Maret 2014.

Tol Bali Mandara yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 September 2013 memiliki panjang sekitar 13 kilometer dan menghubungkan Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua serta membelah perairan selatan Bali dengan pemandangan hutan bakau.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014