Kami bakal bermain menyerang karena kami memerlukan hasil positif. Kami juga perlu mewaspadai serangan balik Dortmund
Madrid (ANTARA News) - Balas dendam? Apakah memang situasi hati pasukan Real Madrid sedang dirundung dendam, sementara perburuan gelar Liga Champions kesepuluh (La Decima) lebih seksi dibanding sekedar luapan emosi di dada, karena sepak bola sejatinya racikan taktik berdaya guna di lapangan.

Balas dendam berujung balas dendam. "Los Galacticos"- julukan bagi Madrid- tidak perlu juga menyembunyikan kepedihan hati lantaran digusur klub asal Bundesliga itu musim lalu. Madrid waktu itu memetik kemenangan 2-0 setelah ditekuk 1-4 di laga pertama.

Skema permainan yang apik di lapangan merupakan asupan vitamin bagi jiwa ketimbang luapan balas dendam.

Ini saatnya, Real Madrid menjamu Borussia Dortmund di laga pertama perempat final Liga Champions 2013/2014 yang digelar di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan akan ditayangkan oleh SCTV.

Madrid begitu terbius memburu La Decima. Asa ini tidak lepas dari ambisi Carlo Ancelotti yang relatif lama malang melintang di atmosfer sepak bola Eropa.

Tekanan meraih La Decima bukan tidak mungkin justru membebani Real Madrid. Los Blancos harusnya terbebaskan dari gurita optimisme La Decima, apalagi lawan kali ini justru Dortmund yang siap memberi perlawanan.

Pelatih sekelas Carletto, panggilan akrab Carlo Ancelotti, tahu betul perangkap dari asa yang terlalu mendamba La Decima. Di mata pelatih asal Italia itu, perburuan gelar Liga Champions kesepuluh bukan semata obsesi bagi Madridismo menaklukkan Eropa.

Setiap klub mendamba gelar. Begitu datang dan melatih Madrid, Ancelotti membenahi dan mendesain ulang tim  tiga sampai empat kali selama musim ini. Ia menyandingkan Cristiano Ronaldo dengan Gareth Bale agar mampu tampil lebih kompak.

Alhasil, Madrid tampil lebih terkoordinasi baik di lini depan maupun lini pertahanan. Tinggal sekarang Ancelotti perlu menyelesaikan pekerjaan rumah, yakni terus menyelaraskan skuad, dengan target salah satunya meraih La Decima.

Rataan kemenangan Madrid yang mencapai 87,5 persen selama musim ini dapat memberi kelegaan bagi pecinta sejati Madrid. Dan salah satu tugas dari Cristiano Ronaldo, salah satunya mengalahkan Dortmund.

Dortmund di bawah arahan Juergen Klopp punya striker sarat talenta dalam diri Lewandowski, hanya saja pemain asal  Polandia ini terkena satu larangan bertanding.

Lini pertahanan Dortmund perlu ekstra hati-hati dengan tiga serangkain Madrid, yakni Ronaldo, Gareth Bale dan Karim Benzema.

Dortmund di bawah arahan Klopp bukan klub yang dapat dipandang enteng. Mereka mampu berbicara lantang di hadapan juara Bundesliga musim ini, Bayern Muenchen. Nuri Sahin dan kawan-kawan finis di tempat kedua Bundesliga musim ini.

Hanya saja Dortmund kini sedang diterpa krisis karena sejumlah pemain dibekap cedera. Mereka bakal tampil di Santiago Bernabeu tanpa diperkuat oleh empat serangkai yakni Neven Subotic dan Jakub Blaszczykowski (kedua pemain mengalami cedera lutut), Marcel Schmelzer dan Sven Bender (keduanya mengalami cedera paha).

Setali tiga uang, tim tuan rumah juga dibelit problem cedera pemain. Ancelotti bakal bertarung tanpa diperkuat   Alvaro Arbeloa, Sami Khedira dan Jese Rodriguez (semuanya cedera lutut).
 
Data dan fakta kedua tim:
* Ini kali keempat kedua tim bertemu. Dortmund menang 2-1 di kandang dalam babak penyisihan grup. Gol dicetak oleh Robert Lewandowski dan Marcel Schmelzer (Dortmund) dan gol balasan Madrid dikemas oleh Cristiano Ronaldo.

* Kedua tim kembali bertemu di  semi-final, dan Lewandowski memborong empat gol dalam laga yang berakhir dengan 4-1 di leg pertama yang diadakan di Jerman.

* Ancelotti didaulat menimba inspirasi dari semi-final 1997/1998 ketika itu Fernando Morientes dan Christian Karembeu mencetak gol di laga leg pertama yang dihelat di ibukota Spanyol. Madrid waktu itu menang agregat 2-0 dan menggondol trofi.

Latar belakang pertandingan:
* Madrid, yang telah sembilan kali menjadi juara Piala Eropa, kini benar-benar hendak mewujudkan La Decima.

* Rekor Madrid ketika melawan Jerman yakni 19 kali menang, empat kali imbang, dua kali kalah. Bayern, dengan raihan kemenangan pada 2000 dan 2001, menjadi satu-satunya tim asal Bundesliga yang mampu meraih kemenangan di Bernabeu. Rekor Madrid ketika menghadapi klub asal Jerman di kompetisi UEFA, yakni duabelas kali menang, delapan kali kalah.

* Rekor Dortmund ketika berlaga di Spanyol, yakni sekali menang, empat kali imbang, enam kali kalah. Mereka mampu mengandaskan Atletico Madrid pada 1996/1997 di babak penyisihan Liga Champions musim 1996/1997.

* Di babak 16 besar, Madrid menjadi klub pertama yang mampu menjalakan enam gol tandang di babak knockout Liga Champions. Menang 6-1 di leg pertama ketika melawan FC Schalke dengan  Benzema, Gareth Bale dan Ronaldo yang masing-masing mencetak dua gol.

* Nuri Sahin turun dalam sepuluh laga ketika membela Madrid pada musim 2011/2012, empat laga di antaranya di ajang Liga Champions, sesudah itu ia hengkang ke Dortmund. Ia bergabung bersama BVB pada Januari 2013 .

* Para pemain yang asal Jerman yakni Schmelzer, Mats Hummels, İlkay Gundogan, Sven Bender, Kevin Grosskreutz dan Reus, bermain bareng di timnas Jerman bersama Sami Khedira yang nota bene masih mengalami cedera. Khedira memenang gelar Bundesliga musim 2006/2007 bersama VfB Stuttgart.

Komentar dua pelatih:

Carlo Ancelotti (Real Madrid):

"Sampai sekarang, kami tampil baik di kompetisi. Kami menjadi satu dari dua tim yang belum mengalami kekalahan. Kami seratus persen siap menghadapi pertandingan ini."

"Dortmund tidak diperkuat Robert Lewandowski yang berperan penting bagi tim. Mereka tampil sebagai tim yang kompak dan punya kemampuan hebat dalam melakukan transisi, dari bertahan kemudian menyerang. Banyak pemain mereka yang sedang mengalami cedera, meskipun begitu, tidak sampai mengubah gaya permainan mereka."

"Saya menghormati pelatih mereka. Ia telah bekerja dan meraih hasil yang fantastis. Ia bahkan mampu melaju sampai final Liga Champions musim lalu. Ini capaian membanggakan bagi setiap pelatih."

"Saya melihat tayangan (laga semifinal Madrid) melawan Dortmund musim lalu. Saya berpendapat bahwa di leg pertama Madrid tampil dengan kontrol bola yang baik di babak pertama. Babak kedua, berlangsung luar biasa. Ini dapat saja terjadi di setiap laga di Liga Champions."

"Kami bakal bermain menyerang karena kami memerlukan hasil positif. Kami juga perlu mewaspadai serangan balik Dortmund."

Juergen Klopp (Borussia Dortmund):

"Saya bukan penyulap, meski kami harus berusaha menang di musim ini. Saya punya sederet pemain berkualitas dan tuga saya yakni memoles mereka agar tampil lebih baik. Para pemain kami percaya bahwa di setiap pertandingan, kami mampu berkembang."

"Real Madrid yang sekarang lebih fleksibel. Mereka punya kecepatan yang mengagumkan. Barcelona, Madrid dan Bayern merupakan tim terbaik di dunia. Kami harus menghadapi mereka. Tahun lalu, kami mampu menghalau laju Madrid, dan kali ini kami berusaha berbuat yang serupa."

"Madrid memang difavoritkan meski demikian, kami masih perlu meningkatkan penampilan  [Gareth] Bale dan [Ángel] Di María. Tidak ada yang mau meninggalkan lubang dalam pengisian pemain, karena hal itu sangat berbahaya."

"Bukan bencana juga, jika kami memang kalah. Kami memang tidak terlalu terampil dalam penguasaan bola tetapi kami mampu melakukan duel one-on-one dengan baik juga. Absennya [Robert] Lewandowski juga kami kalkulasi secara cermat."

Prakiraan susunan pemain:
Real Madrid (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang), Coentrao, Pepe, Ramos, Carvajal, Di Maria, Alonso, Modric, Ronaldo, Benzema, Bale
Pemain cadangan:
Lopez, Illaramendi, Isco, Morata, Necho, Casemiro, Jose Rodriguez.

Borussia Dortmund (4-2-3-1):
Weldenfeller (penjaga gawang), Piszczek, Hummels, Sokratis, Durm, Sahin, Kehl, Groskreutz, Mikhitaryan, Reus, Aubameyang
Pemain cadangan:
Schieber, Hofmann, Kirch, Jojic, Friedrich, Langerak, Ducksch  
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Real Madrid CF 4-0 Borussia Dortmund (59,42 persen)
* Real Madrid CF 3-1 Borussia Dortmund (  7,31 persen)
* Real Madrid CF 3-0 Borussia Dortmund (  5,63 persen)

Head to Head
UEFA Champions League (UCL)
30 Apr 2013    Real Madrid CF 2 - Borussia Dortmund 0     
24 Apr 2013    Borussia Dortmund 4 - Real Madrid CF 1     
6  Nov 2012    Real Madrid CF 2 - Borussia Dortmund 2     
24 Oct 2012    Borussia Dortmund 2 - Real Madrid CF 1     

Club Friendlies (FR)
19 Aug 2009   Borussia Dortmund 0 - Real Madrid CF 5     

Lima laga terakhir:   

Real Madrid CF
29 Mar 2014    Real Madrid CF 5 - Rayo Vallecano 0    LIGA
26 Mar 2014    Sevilla 2 - Real Madrid CF 1    LIGA
23 Mar 2014    Real Madrid CF 3 - FC Barcelona 4    LIGA
18 Mar 2014    Real Madrid CF 3 - Schalke 04 1    UCL
15 Mar 2014    Malaga 0 - Real Madrid CF 1    LIGA

Borussia Dortmund
29 Mar 2014    VfB Stuttgart 2 - Borussia Dortmund 3    GER1
25 Mar 2014    Borussia Dortmund 0 - Schalke 04 0    GER1
22 Mar 2014    Hannover 96 0 - Borussia Dortmund 3    GER1
19 Mar 2014    Borussia Dortmund 1 - Zenit Saint Petersburg 2    UCL
15 Mar 2014    Borussia Dortmund 1 - Borussia Mönchengladbach 2 GER1

Narasi atas prediksi:
*  Ancelotti mengatakan "seratus persen siap", sementara Klopp menyatakan "akan menghadapi setiap lawan".  Di balik pernyataan ini, pelatih asal Italia itu telah masak-masak meracik taktik. Jangan lupa, bahwa Carletto bukan pelatih "kemarin sore".

* Seluruh personel Madrid mengapungkan asa untuk meraih dan mewujudkan La Decima. Ini jelas pedang bermata dua, bisa berdampak positif bisa juga negatif. Pasukan Klopp justru "siap-siap melakoni laga dan memupuk kepercayaan diri" menghadapi Los Galacticos yang bertabur pemain bintang.

* Kedua tim sama-sama sedang dilanda badai cedera pemain. Skuad Madrid punya stok pemain yang relatif merata dalam kemampuan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Real Madrid: 2
Borussia Dortmund: 0 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014