Masa kampanye selama 3 minggu ini secara umum dan skala nasional telah terlaksana dengan baik, aman dan tertib. Setiap partai politik sudah berupaya maksimal untuk mengkampanyekan visi dan misinya dan menjaga konstituennya untuk tetap menjaga keamana
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan masa kampanye pemilu 2014 yang berlangsung sejak 16 Maret dan berakhir Sabtu 5 April 2014 secara umum berlangsung dengan baik, aman dan tertib.

"Masa kampanye selama 3 minggu ini secara umum dan skala nasional telah terlaksana dengan baik, aman dan tertib. Setiap partai politik sudah berupaya maksimal untuk mengkampanyekan visi dan misinya dan menjaga konstituennya untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Saya menghargai segala upaya dan pelaksanaan komitmen damai ini," katanya melalui pesan singkat, Sabtu malam.

Ia menambahkan, memasuki minggu tenang, diharapkan semua pimpinan partai dapat berkonsolidasi kembali untuk menyingsong pelaksanaan pemilu 9 april yang akan datang.

"Keamanan dan ketertiban yang telah dapat dijaga dengan baik selama masa kampanye, harus tetap menjadi tekad bersama untuk terus dijaga dan dipertahankan," katanya.

Ia mengharapkan apabila nanti setelah pemilu ada ketidak puasan, protes dan sebagainya, hendaknya disalurkan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. "Hindari tindakan kekerasan dan main hakim sendiri," katanya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pimpinan elemen-elemen baik parpol maupun masyarakat, untuk ikut bersama-sama menjaga tahapan proses demokrasi ini agar dapat berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.(*)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014