Harus diakui dibandingkan 10 tahun lalu, Indonesia mengalami peningkatan positif dari segi pertumbuhan ekonomi dan proses demokrasinya,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat komunikasi politik Prayudi Setiadharma menganggap proses demokrasi dan pertumbuhan ekonomi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY berjalan lebih baik.

"Harus diakui dibandingkan 10 tahun lalu, Indonesia mengalami peningkatan positif dari segi pertumbuhan ekonomi dan proses demokrasinya," kata Prayudi saat dikonfirmasi di Jakarta Sabtu.

Prayudi mengatakan pemerintahan SBY mampu menentukan arah kebijakan jangka panjang hingga berdampak secara global bagi Indonesia.

Saat ini, Prayudi menyebutkan proses demokratisasi di Indonesia berjalan lebih baik sehingga tidak terdapat permasalahan yang menonjol.

Pemerintahan SBY juga dinilai memiliki catatan yang cukup baik dari segi penegakan hukum meski masih perlu perbaikan.

"Paling tidak pemerintahan SBY selama 10 tahun menjalankan prinsip yang taat kepada demokrasi," ujar Prayudi.

Prayudi mengungkapkan SBY sebagai Presiden dan Ketua Umum dpp Partai Demokrat menjalankan strategi komunikasi politik yang santun.

Prayudi juga menghargai langkah SBY sebagai pimpinan partai tidak pernah mempertanyakan langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangkap pimpinan elit Partai Demokrat.

Terkait rencana program lima tahun pemerintahan ke depan, Prayudi mengungkapkan presiden terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 sebaiknya meneruskan program kerja yang telah dilakukan pemerintah sebelumnya.(*)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014