Barcelona (ANTARA News/Reuters) - Klub sepakbola Barcelona kurang menampilkan permainan terbaik mereka di Camp Nou saat melawan Real Betis, yang memperlihatkan semangat juang impresif meski saat ini menghuni peringkat kedelapan dari bawah klasemen Liga Spanyol (La Liga), pada Sabtu waktu setempat.

Messi, yang kembali tajam sejak kembali pada Januari setelah absen dua bulan karena cedera, mencetak gol pertamanya di pertandingan ini dari titik penalti pada menit ke-15, setelah bek Betis Jordi Figueras melanggar Alexis Sanchez.

Barca tidak mampu mengonversi penguasaan bola mereka dalam kurun waktu yang lama untuk menjadi gol, dan mereka beruntung dapat unggul 2-0 ketika Figueras secara tidak sengaja membelokkan bola ke gawangnya sendiri.

Betis menimbulkan rasa cemas bagi Barca dua menit berselang, ketika mereka mencetak gol melalui pemain pengganti Ruben Castro, sebelum Messi menyarangkan gol keduanya empat menit sebelum pertandingan usai gara-gara tangan bek Antonio Amaya mengenai bola di kotak terlarang, sehingga wasit kembali memberi penalti.

Kiper Adan menggagalkan tembakan awal Messi, namun sang kapten tim nasional Argentina itu mampu menyambar bola pantul untuk mencetak gol ke-25nya di Liga Spanyol musim ini.

Messi memiliki catatan jumlah gol yang sama dengan koleksi gol penyerang Atletico Madrid, Costa, namun tiga gol lebih sedikit dari pencetak gol terbanyak Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Pelatih Barca Gerardo Martino mengatakan pada konferensi pers bahwa tidak akan mencari alasan untuk penampilan mengecewakan timnya.

"Perasaan yang saya miliki adalah pertandingan ini mencuat di antara dua pertandingan maha penting pada Selasa dan Rabu mendatang," ujar pria asal Argentina itu.

Ia menimpali, "Kami harus menang untuk menjaga tekanan terhadap sang pemuncak klasemen. Kami menghargai hasil setinggi mungkin sebisa yang kami mampu, namun tidak dengan cara bermain kami."

Dalam pertandingan berbeda, Real Madrid tanpa Ronaldo yang cedera di San Sebastian  agaknya membuat mereka memerlukan waktu selama 45 menit untuk membuka aliran gol, ketika Illarramendi menyambar bola pantul dari upaya Karim Benzema.

Bale, yang memerlukan perawatan pada lututnya sebelum ia mencetak gol, mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-67. Ia mengontrol bola sapuan kiper Sociedad Claudio Bravo, dan melesakkan bola ke sudut bawah gawang.

Bek tengah Pepe mencetak gol ketiga Real pada menit ke-85, dan pemain pengganti Alvaro Morata menjadikan skor 4-0 dua menit sebelum pertandingan usai.

"Selalu istimewa untuk pulang ke rumah," kata Illarramendi, yang kerap disiuli oleh para pendukung Sociedad setiap kali dirinya menyentuh bola, ucapnya pada wawancara dengan televisi Spanyol Canal Plus.

Ia menimpali, "Kami mendapati bahwa ini begitu berat pada babak pertama, namun pertandingan terbuka pada babak kedua dan kami memaksimalkan ruang ekstra."

"Tidak banyak pertandingan tersisa, dan kami harus memenangi semuanya jika kami ingin memiliki peluang," katanya.

Atletico digaransi setidaknya finis di peringkat ketiga, dan lolos ke Liga Champions musim depan, ketika mereka telah unggul 23 angka atas tim peringkat keempat Athletic Bilbao sebelum klub asque itu bermain di markas Levante pada Senin.

Pada pertandingan Sabtu malam, Rayo Vallecano terus meninggalkan zona degradasi berkat kemenangan 3-0 atas tamunya Celta Vigo yang mendongkrak klub Galicia itu ke peringkat ke-11 dengan koleksi 36 angka.

Rayo telah unggul 3-0 di stadion Vallecas mereka di pinggiran Madrid, ketika bek kiri Razvan Rat diusir keluar lapangan karena pelanggarannya pada menit ke-60.
(Uu.H-RF/A008)

Penerjemah: Heru Purwanto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014