Personel mulai Senin ini digeser dengan tugas pengamanan distribusi surat suara..."
Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memprioritaskan penugasan personelnya untuk mengawal ditribusi dan pengamanan surat suara hingga ke tingkat tempat pemungutan suara (TPS) menjelang pemilihan umum pada 9 April 2014.

"Personel mulai Senin ini digeser dengan tugas pengamanan distribusi surat suara, pemungutan suara hingga pengamanan surat suara kembali ke PPK dan KPU," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Senin.

Penggeseran tugas pasukan itu, menurut dia, dilakukan melalui apel pasukan Operasi Mantap Brata 2014 yang dilakukan di Lapangan Gasibu Kota Bandung dengan inspektur upacara Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan.

Penempatan personel, dikemukakannya, dilakukan sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan jumlahnya. Satu polisi mengawal dua hingga empat TPS. Di setiap TPS pengamanan dibantu oleh dua anggota perlindungan masyarakat (Linmas).

Berdasarkan data di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat secara keseluruhan ada 90.917 TPS yang tersebar di 27 kabupaten/kota.

Sementara itu, aktivitas masyarakat sudah mulai menyiapkan tempat untuk TPS, serta mendirikan tenda untuk petugas TPS serta ruang tunggu pemilih.

TPS selain di dibangun di lapangan terbuka juga menggunakan fasilitas umum seperti aula, GOR, sekolah dan lainnya yang sesuai dengan perundang-undangan.

Pencoblosan akan digelar pada 9 April 2014 mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Selanjutnya dilakukan proses penghitungan suara dan rekapilutasi suara yang masuk di TPS untuk selanjutnya dilaporkan ke KPU. (*)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014