Palembang (ANTARA News) - Sekitar 200 lembar surat suara di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, rusak akibat banjir bandang dan angin puting beliung.

"Sekitar 200-an lembar surat suara itu perlu segera diganti untuk pelaksanaan pemungutan suara pada 9 April 2014," kata Komisioner KPU Sumatera Selatan Divisi Perencanaan Anggaran dan Logistik, Heny Susantih di Palembang, Selasa.

Menurut dia, surat suara Pemilu yang perlu diganti itu yakni surat suara untuk calon anggota DPRD Kabupaten Musirawas.

Sementara untuk surat suara calon anggota DPD RI, DPR RI dan DPRD provinsi bisa mereka tanggulangi dengan surat suara yang berlebih, katanya.

Ia mengatakan, sekarang ini yang menjadi pemikiran itu surat suara untuk calon anggota DPRD kabupaten Musirawas di daerah pemilihan tersebut.

"Saya dari tadi menunggu kronologis dari Musirawas mengenai banjir bandang dan angin puting beliung yang terjadi tersebut," ujarnya.

Ia menuturkan, terkait dengan surat suara yang perlu diganti itu, dirinya sudah menghubungi KPU RI melalui telepon untuk segera menindaklanjuti hal tersebut.

KPU RI sendiri siap mengirim kembali surat suara tersebut dengan menggunakan pesawat, karena itu dirinya monitor terus mengenai kondisi terakhir, tuturnya.

Ia menyatakan, sekitar 200 lembar surat suara yang perlu diganti itu yakni di dua desa dengan empat tempat pemungutan suara (TPS).

Sehubungan dengan hal itu, pihaknya juga masih menunggu laporan yang jelas dari daerah tersebut, kalaupun tidak ada foto saat kejadian bencana bisa saja berita di media massa mengenai kejadiannya, jelasnya.

Jadi, sampai sekarang pihaknya masih menunggu perkembangan terakhir mengenai hal tersebut, katanya.

Sementara mengenai logistik Pemilu untuk kabupaten dan kota lainnya di Sumsel, ia menuturkan, yang ada laporannya hanya dari Musirawas, sedangkan daerah lain tidak ada.
(KR-SUS)

Pewarta: Susilawati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014