Managua (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,6 pada Skala Richter mengguncang wilayah 12 kilometer di sebelah selatan Nandaime, Nikaragua, Jumat (11/4), kata US Geological Survey (USGS).

Nandaime di Provinsi Granada di Pantai Pasifik terletak 61 kilometer dari Ibu Kota Nikaragua, Managua.

Pusat gempa tersebut, dengan kedalaman 114,7 kilometer, mulanya ditetapkan berada pada 11,647 derajat Lintang Utara dan 86,063 derajat Bujur Barat.

Seorang wartawan Xinhua di Managua mengatakan gempa itu tercatat sangat kuat. Guncangan juga dirasakan di Kosta Rika.

Ribuan warga yang ketakutan dan tinggal di permukiman di sepanjang Pantai Pasifik di negeri tersebut berlarian ke jalan.

Belum ada laporan mengenai korban atau kerusakan harta akibat gempa itu, kata Xinhua.

Gempa lain dengan kekuatan 6,2 pada Skala Richter pada Kamis mengguncang Nikaragua tapi pusat gempa berada pada 18 kilometer di sebelah tenggara Kota Larreynaga di bagian baratlaut negeri tersebut dan di dekat Pantai Pasifik. Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

Pada Kamis, gempa merusak ratusan rumah, membuat sebanyak 33 orang menderita luka ringan, dan secara tak langsung mengakibatkan kematian satu orang --yang meninggal akibat serangan jantung.

Pada Jumat pagi, Pemerintah Nikaragua mengumumkan akan memperpanjang siaga merah bagi seluruh Pantai Pasifiknya akibat beberapa gempa susulan yang sangat kuat.

(C003/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014