Mantan Direktur LKBN Antara Junisaf Anwar meninggal

Mantan Direktur LKBN Antara Junisaf Anwar meninggal

Mantan Direktur Redaksi Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Junisaf Anwar (ANTARANews/R.Sukendi)

Beliau adalah pewarta ulet, sehingga bisa mendapatkan kedudukan tinggi pada masa itu,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Direktur Redaksi Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Junisaf Anwar, meninggal dunia pada usia 81 tahun di Jakarta pada Sabtu pukul 03.00 WIB.

Jenazah wartawan senior tersebut dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta, pada Sabtu pukul 12.00 WIB.

"Beliau adalah pewarta ulet, sehingga bisa mendapatkan kedudukan tinggi pada masa itu," kata mantan Pemimpin Umum LKBN Antara Parni Hadi ketika dihubungi di Jakarta pada Sabtu.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni menyatakan bahwa Junisaf adalah sosok penuh dedikasi tinggi terhadap profesinya.

"Sebagai penerusnya, kita menarik pelajaran dan teladan dari bagaimana almarhum mengembangkan kebijakan Redaksi Antara sebagai kantor berita, yang tetap independen, meski pada jaman Orde Baru," kata Akhmad Kusaeni.

Lebih lanjut, Akhmad Kusaeni juga menyebutkan bahwa di bawah kepemimpinan Junisaf Anwar, Kantor Berita Antara menjadi media yang tetap kritis pada masa Orde Baru, meskipun pola kerja pers tidak sebebas pada saat ini.

Wartawan kelahiran Sumatera Barat adik kandung tokoh pers Indonesia Rosihan Anwar itu juga pernah menjabat Sekretaris PWI Jaya masa bakti 1987--1991 pada masa kepemimpinan Nasruddin Hars.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar