New York (ANTARA News) - New York Knicks pada Senin memecat pelatih kepala Mike Woodson setelah tim itu absen dari "playoff" NBA, kata presiden tim Phil Jackson.

Knicks memiliki rekor 109-79 pada tiga musim di bawah Woodson, dua kali menembus "playoff" sebelum rekornya merosot menjadi 37-45 pada musim ini.

Mereka finis di bawah Atlanta yang mengamankan tiket "playoff" terakhir Wilayah Timur.

Jackson, yang memiliki rekor melatih tim-timnya menjuarai 11 gelar NBA, didatangkan oleh para pemilik pada bulan lalu untuk memulai pembangunan kembali Knicks.

"Saya memiliki banyak rasa hormat terhadap Mike Woodson dan seluruh stafnya," tutur Jackson.

"Para pelatih dan pemain di ini menjalani musim 2013/2014 yang benar-benar sulit, dan kesalahan semestinya tidak dibebankan kepada seorang individu."

"Namun saatnya telah tiba untuk perubahan di seluruh isi klub ketika kami berusaha memulai perjalanan untuk menaksir dan membangun tim ini untuk musim depan dan seterusnya."

Pemecatan Woodson dan staf kepelatihannya dapat membuka pintu bagi Steve Kerr, mantan pemain asuhan Jackson saat ia meraih tiga gelar juara NBAnya bersama Chicago yang sudah familiar dengan gaya serangan segitiga kesukaan Jackson.

Hal ini dapat memberi dampak besar apakah pemain bintang Carmelo Anthony akan memilih bertahan dengan Knicks atau hengkang ke klub lain, seandainya ia mendapat tawaran yang memperbesar peluangnya meraih mahkota NBA.

Woodson, yang menggantikan Mike DAntoni pada Maret 2012, memiliki opsi kontrak untuk musim depan yang didapatnya pada 2013, setelah memimpin tim meraih mahkota divisi untuk pertama kalinya sejak 1994 dengan catatan 54-28, dan lolos ke putaran kedua "playoff".

Namun, Knicks memulai musim ini dengan rekor 3-13 dan gagal menembus "playoff".

(H-RF/I015)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014