Palembang (ANTARA News) - Paket soal Ujian Nasional 2014 untuk tingkat SMP sederajat akan dikirim oleh Dinas Pendidikan Nasional Sumatera Selatan dari Palembang menuju 13 kabupaten dan empat kota di provinsi itu, Kamis (1/5).

Sebanyak 2.045 koli paket soal Ujian Nasional (UN) tersebut sudah termasuk soal cadangan dan ujian paket B dengan jumlah peserta SMP/MTs se-Sumsel sebanyak 12.0484 orang siswa akan sampai ke tempat tujuan pada hari itu juga, kata Ketua panitia UN 2014 Sumsel Bonny Syafrian di Palembang, Rabu.

Bonny Syafrian usai rapat koordinasi menjelang pelaksanaan UN SMP di kantor Dinas Pendidikan Nasional Sumsel di Palembang mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan kelancaraan pendistribusian selama perjalanan.

Ujian Nasional SMP dan sederajat dijadwalkan penyelenggaraannya serentak pada 4--8 Mei mendatang.

Pola pendistribusian sendiri tidak jauh berbeda dengan saat penyebaran soal UN SMA, yaitu rute dikelompokkan menjadi lima, begitu halnya dengan pengawalan kepolisian.

"Rute yang diberangkatkan langsung dari gudang penyimpanan gedung Sky Park jalan By Pass Palembang dan dibawa langsung oleh lima truk milik PT Pos Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, khusus untuk wilayah Palembang, naskah soal UN untuk SMP tersebut akan disimpan di gedung Diknas Sumsel. Sedangkan untuk di kabupaten dan kota rencananya di Disdikpora setempat langsung ke sub-rayon.

Sementara, untuk UN tingkat Sekolah Dasar berdasarkan pantauan Antara khususnya di wilayah Kota Palembang, Rabu, para siswa kelas enam sejak Senin (28/4) selama tiga hari.

"Sekarang ini murid Sekolah Dasar kelas 1 hingga 5 selama siswa kelas enam mengikuti ujian sekolah diliburkan," kata Ny Lensiana, guru di salah satu SDN di kawasan Simpang Sungki Palembang.

Ia menambahkan, murid kelas enam tersebut menjalani ujian sekolah untuk persiapan mengikuti ujian nasional pada Mei mendatang.

(FN*M033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014