Tim pelatih pasti akan memulangkan lagi beberapa pemain yang tidak kompetitif
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Indra Sjafri memulangkan tiga pemain Timnas Indonesia U-19 yang selama ini menjalani pemusatan latihan.

Tiga pemain yang dipulangkan tersebut merupakan pemain baru yaitu Sukarno Andi Wijaya asal klub Persewangi, M Hamdan Zamzani dari PSS Sleman, dan Reza Pahlevi Sitorus.

Menurut dia, di Jakarta, Sabtu, untuk memulangkan pemain yang mengikuti pemusatan latihan bukan perkara mudah karena harus didasarkan standar yang ada.

Berdasarkan pemantauan, ketiga pemain tersebut dinilai kalah bersaing dengan pemain lain.

"Untuk Martinus (pemain Pra PON DIY) masih kami berikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya," kata Indra Sjafri di Jakarta, Sabtu.

Selain aspek teknik dan mental, kata dia, kemampuan fisik dan intelegensi juga menjadi syarat utama untuk masuk tim yang dipersiapkan untuk Piala AFC 2014, yang merupakan pijakan untuk maju ke Piala Dunia U-20 2015.

"Promosi dan degradasi sesuatu yang biasa dalam pemusatan latihan. Nanti pada akhirnya tim ini juga akan menciut lagi. Tim pelatih pasti akan memulangkan lagi beberapa pemain yang tidak kompetitif," kata Indra.

Sebelum turun di Piala AFC U-19, Evan Dimas dan kawan-kawan terus digembleng dengan beberapa program yang telah disiapkan oleh pelatih. Timnas Garuda Jaya saat ini menjalani pemusatan latihan di Lapangan SPH Karawaci Tangerang.

Untuk menguji kemampuan, anak asuh Indra Sjafri akan menjalani beberapa pertandingan internasional di antaranya melawan Timnas Myanmar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 5 dan 7 Mei. Selain itu akan menghadapi klub Liverpool U-18+.

Selain tiga pertandingan tersebut, Badan Tim Nasioanal hingga saat ini masih mencari lawan tanding Timnas Indonesia U-19. Ada dua negara yang hingga saat ini masih dijajaki untuk melakukan pertandingan ujicoba.

Setelah itu Timnas Garuda Jaya juga dijadwalkan kembali melakukan Tur Nusantara Kedua dengan menghadapi klub-klub daerah. Pada tur pertama mampu memenangkan 10 pertandingan dan tiga kali seri.


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014