Prosedur pengamanan pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat kali ini dilakukan hampir sama dengan pelaksanaan UN SMA yang dilaksanakan April lalu,"
Rejanglebong (ANTARA News) - Kepolisian resor Rejanglebong, Bengkulu, Sabtu (3/5), melakukan pengawalan pendistribusian soal ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat di daerah itu.

"Prosedur pengamanan pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat kali ini dilakukan hampir sama dengan pelaksanaan UN SMA yang dilaksanakan April lalu," kata Kabag Ops Polres Rejanglebong Kompol Edi Sujadmiko di Rejanglebong, Sabtu.

Petugas melakukan pengawalan mulai dari pendistribusian soal dari Diknas Rejanglebong hingga ke titik pendistribusian, selain itu petugas juga akan melakukan pengamanan di masing-masing sekolah yang melaksanakan UN,"

Pengawalan pendistribusian soal UN di daerah tersebut dilakukan oleh petugas per rayon yang membawahi beberapa sekolah dari sejumlah kecamatan, dimana soal ujian ini baru akan dibagikan ke masing-masing sekolah pelaksana ujian pada pagi hari pelaksanaannya. Soal-soal ini terlebih dahulu dititipkan ke kantor Polsek maupun Diknas kecamatan di masing-masing rayon.

Sedangkan dalam pelaksanaan UN nantinya petugas juga akan melakukan pengamanan serta pengawasan ujian bersama dengan pengawas independen dari Provinsi Bengkulu guna mengantisipasi terjadinya kebocoran soal atau pun joki ujian.

Untuk itu, dia berharap pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di daerah ini dapat berjalan lancar sehingga nantinya tidak menimbulkan permasalahan dimasing-masing sekolah dan berimbas kepada pelajar yang mengikutinya.

Sementara itu, menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong Zakaria Effendi, pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di daerah itu yang dilaksanakan pada 5 - 8 Mei 2014 akan diikuti 4.326 pelajar yang berasal dari sekolah negeri dan swasta terbagi dalam tujuh rayon pada 15 kecamatan di Rejanglebong.

"Pelajar SMP dan MTs yang terdaftar sebagai peserta UN 2014 sebanyak 4.326 siswa yang terdiri 2.181 siwa dan 2.145 siswi. Kalangan pelajar SMP sederajat ini tersebar di sejumlah sekolah, baik negeri maupun swasta dalam 15 kecamatan di Rejanglebong," katanya.

Pihaknya pada pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat kali ini menargetkan tingkat kelulusan UN tingkat SMP dan SMA sederajat 100 persen, mengingat pencapaian hasil UN pada tahun ajaran 2011/2012 lalu mencapai 99,91 persen, dimana hasil UN tingkat SMA tercatat sebagai peringkat kelima tertinggi di Provinsi Bengkulu, sedangkan untuk tingkat SMK tertinggi ke enam dan untuk tingkat SMP tertinggi kedua di Bengkulu.

Untuk mencapai target ini pihaknya tambah dia, telah menginstruksikan kepada para kepala sekolah dalam 15 kecamatan di daerah itu agar menyiapkan para siswanya sebaik mungkin, dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan melakukan penambahan jam belajar untuk pelajaran yang akan diujikan.
(KR-NMD/F003)

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014