Jakarta (ANTARA News) - Menekan dan mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan, Manchester United yang sementara diasuh oleh Ryan Giggs harus takluk 0-1 dari tamunya Sunderland.

Tendangan keras Seb Larsson pada menit 30 yang memanfaatkan bola terusan dari Connor Wickham setelah sukses melewati hadangan Darren Fletcher, berhasil menjebol gawang United yang dijaga David de Gea.

Segera setelah gol ini United makin meningkatkan tempo permainannya dengan beberapa kali menciptakan peluang. Salah satu peluang terbaik United diciptakan Juan Mata namun tendangannya dari luar kotak penalti tepat jatuh ke pelukan kiper Sunderland Vito Mannonen.

Memasuki babak kedua, United makin ofensif dengan melancarkan serangan dari kedua sisi dan tengah lapangan.

Lima menit dari awal babak kedua, sundulan Nemanja Vidic dari tengah kotak penalti yang menyambut umpan Phil Jones  melebar ke sisi kanan gawang Sunderlan.

Lalu hanya dua menit sejak diturunkan menggantikan Nani, pemain muda Adnan Januzaj melepaskan tembakan dari sepakan kaki kannanya usai menerima kiriman bol dari Javier Hernández namun bola sukses dihalau barisan pertahanan Sunderland.

Setelah itu, Vidic kembali menciptakan peluang usai menerima umpan Juan Mata namun lagi-lagi bola diblok pemain lawan.

Setelah upaya gagal lainnya dari  Phil Jones, Vidic kembali melepaskan sundulan yang lagi-lagi menghadapi tebalnya benteng pertahanan Sunderland.

United memasukkan Robin van Persie dan Danny Welbeck untuk masing-masing menggantikan Juan Mata dan Ashley Young pada pertengahan babak kedua.

Tapi Sunderland yang justru nyaris menggandakan keunggulannya setelah Emanuele Giaccherini yang meneriman umpan Jozy Altidore melepaskan tembakan terukur namun membentur tiang gawang United.

Setan Merah terus menyerang dan mengontrol permainan untuk kembali mengancam gawang Sunderland, diantaranya lewat Danny Welbeck, Javier Hernandewz dan Robin van Persie.

Tapi sekali lagi yang justru tidak beruntung menciptakan gol adalah tim asuhan Gus Poyet ketika tembakan Fabio Borini nyaris menciptakan gol kedua Sunderland jika saja tidak membentur tiang gawang seperti dialami rekannya sebelumnya Giaccherini.

United masih berusaha mencoba peruntungannya, salah satunya dari Michael Carrick yang tendangannya dijinakkan Vito Mannone.

Namun kendati 63 persen mendominasi penguasaan bola dan 19 kali menciptakan peluang melawan 9 yang diciptakan Sunderland, dan melepaskan 8 tendangan penjuru, United harus tunduk kepada Sunderland.

Sampai babak kedua berakhir, Sunderland tetap unggul 1-0 sehingga untuk sementara keluar dari zona degradasi, sedangkan MU tertahan di posisi 7 dan sangat sulit mendapatkan peluang tampil di Liga Europa.

Susunan pemain:
Manchester United: David de Gea, Rio Ferdinand, Phil Jones, Patrice Evra, Nemanja Vidic, Nani (Adnan Januzaj), Juan Mata (Robin van Persie), Michael Carrick, Darren Fletcher, Ashley Young (Danny Welbeck), Javier Hernández

Sunderland: Vito Mannone, Santiago Vergini, Wes Brown, Marcos Alonso, John O'Shea, Jack Colback, Fabio Borini, Adam Johnson (Emanuele Giaccherini), Cattermole, Sebastian Larsson (Liam Bridcutt), Connor Wickham (Jozy Altidore)

Hasil pertandingan lainnya:
Aston Villa 3, Hull City 1
Newcastle United 3, Cardiff 0
Stoke City 4, Fulham 1
Swansea 0, Southampton 1

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014