Roma (ANTARA News) - Palermo promosi kembali ke strata tertinggi sepak bola Italia pada percobaan pertama, setelah menang 1-0 di markas Novara pada Sabtu, untuk mengamankan mahkota Serie B dengan lima kemenangan tersisa.

Pasukan Giusepe Iachini hanya memerlukan satu angka untuk mengonfirmasi promosinya mereka, namun mereka meraih kemenangan beruntun keenamnya berkat gol gelandang Argentina Franco Vazquez tiga menit sebelum turun minum.

Tim Sisilia itu mengumpulkan 78 angka, unggul 16 angka atas tim peringkat kedua Empoli yang menang 3-1 di kandang Brescia.

Palermo memulai musim dengan dilatih oleh mantan pemain internasional Gennaro Gattuso, setelah pada musim sebelumnya terdegradasi dari Serie A dan sempat menggunakan tiga pelatih berbeda, dua orang di antaranya ditunjuk sebanyak dua kali.

Mantan gelandang AC Milan Gattuso dipecat pada September setelah memenangi dua dari enam pertandingan dan digantikan oleh Iachini, yang sejak menduduki posisinya telah menciptakan kestabilan klub di atas mereka.

Di bawah asuhan Iachini, yang bermain untuk Palermo selama dua tahun pada pertengahan 1990-an, Palermo tidak terkalahkan dalam 18 pertandingan dan hanya satu kali kalah sejak September.

Ia juga menghadirkan kegembiraan bagi presiden klub Maurizio Zamparini, yang telah memecat setidaknya 26 pelatih dan berkata kepada stasiun radio Italia Radio Sportiva pada Jumat bahwa merekrut Iachini merupakan keputusan terbaik yang dibuatnya dalam 10 tahun terakhir, demikian Reuters

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014