Madrid (ANTARA News) - Juara Australia Terbuka Stanislas Wawrinka mengalami kekalahan mengejutkan dari petenis kualifikasi dari Austria, Dominic Thiem, pada turnamen Madrid Masters, Rabu, sementara rekan senegaranya mundur untuk menyambut kelahiran bayi kembar keduanya.

Finalis turnamen Madrid tahun lalu itu sudah akan mendapatkan kemenangan rutin setelah menguasai set pertama tetapi Thiem kemudian menyamakan kedudukan lewat permainan cantik sebelum memastikan kemenangan besar dalam karirnya dengan angka 1-6, 6-2, 6-4.

"Saya sudah mencoba menguasai permainan tapi saya gagal," kata Wawrinka seperti dilansir kantor berita AFP.

Sedangkan Thiem menampilkan gaya permainan mengejutkan saat mengatasi lawan sekaligus menyamai level petenis yang berada dalam 10 besar dunia.

"Saya tidak menyangka akan memenangi permainan ini. Saya benar-benar tidak percaya," kata Thiem, petenis peringkat 70 dunia.

Setelah kekalahan Wawrinka, Rafael Nadal menjadi satu-satunya petenis empat unggulan teratas yang tinggal di turnamen itu sebelum ia memulai laga Rabu karena Federer mengikuti Novak Djokovic mundur dari turnamen itu.

Mundurnya Federer, penyandang gelar 17 juara Grand Slam, menjadi keuntungan bagi Andy Murray karena petenis Skotlandia itu kini menjadi unggulan tertinggi yang bertahan di turnamen.

Murray akan melawan Nicolas Almagro pada pertandingan pertamanya di Caja Magica, Rabu, setelah pemain dari Spanyol itu membutuhkan 11 match point untuk mengalahkan petenis kualifikasi dari Kazakhstan Andrey Golubev 6-3, 6-7 (9/11), 7-6 (7/4).

Unggulan kelima David Ferrer juga membutuhkan laga tiga set untuk menyudahi permainan rekan senegaranya, petenis Spanyol Albert Ramos, dengan skor 7-6 (8/6), 5-7, 6-3.

Unggulan ke-13 Fabio Fognini kalah 7-5, 4-6, 6-3 dari pemain Ukrainia Alexandr Dolgopolov dan unggulan 14 Tommy Haas menderita kekalahan pada putaran pertama dari pemain Belanda Igor Sijsling dengan angka 3-6, 6-1, 6-4.


Bagian putri

Masih ada para pemain bintang di bagian putri Madrid Terbuka, di antaranya Li Na serta Maria Sharapova yang melaju ke putaran ketiga setelah kemenangan Rabu.

Sharapova memenangi turnamen pertamanya musim ini sejak kembali ke lapangan tanah liat di Stuttgart dua pekan lalu.

Tapi McHale yang menang 6-4 pada set kedua dan sempat unggul 4-1 pada set penentu yang ketiga, tidak berhasil menahan tekanan Sharapova yang memenangi laga dan selanjutnya melawan juara AS Terbuka 2011, Samantha Stosur, pada pertemuan 16 besar.

Mantan juara Wimbledon Petra Kvitova juga dipaksa bermain tiga set oleh pemain dari Amerika Varvara Lepchenko, dan akhirnya menang juga dengan angka 2-6, 6-2, 6-1.

Sebelumnya, juara Australia Terbuka, Li, dengan mudah menyelesaikan tugasnya dengan kemenangan 6-2, 6-3 atas rekan senegaranya dari Tiongkok, Zheng Jie.

Zheng memimpin pertemuan mereka sebelumnya 4-3 sebelum turun lapangan, tetapi kini Li menang dua set langsung dalam empat pertemuan mereka dan selanjutnya akan bertemu dengan unggulan 16 Sloane Stephens pada putaran berikutnya.

(Uu.A008)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014