Manchester (ANTARA News) - Babak pertama laga lanjutan Liga Utama Inggris antara Manchester City menghadapi Aston Villa masih imbang tanpa gol di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Kamis dini hari WIB.

City memasuki laga dengan tuntutan meraih tiga poin penuh untuk memperbesar peluang mereka menjuara Liga Inggris 2013/2014, setelah pesaing terdekat mereka Liverpool membuang keunggulan 3-0 di 78 menit pertama dan justru akhirnya ditahan imbang 3-3 oleh Crystal Palace di Selhurst Park, Senin (5/5) waktu setempat.

Keadaan tersebut membuat City, hanya terpaut satu poin dari Liverpool di puncak klasemen dengan keunggulan satu sisa laga lebih banyak. Apabila mampu memenangi laga melawan Villa, maka City akan memiliki keunggulan dua poin atas Liverpool.

Bahkan satu poin dari hasil imbang melawan Villa sudah cukup bagi City untuk merebut kembali puncak klasemen sementara dari Liverpool. Sebab, meskipun akan memiliki jumlah poin yang sama 81, tim Manchester Biru itu unggul dalam agregat gol 59 berbanding 50 milik Liverpool.

City mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan. Pada menit ke-12, Yaya Toure hampir membawa City unggul lewat tendangannya menyambut umpan tarik Pablo Zabaleta. Akan tetapi Brad Guzan sigap menghalau bola sepakan Yaya Toure, dan City hanya mendapatkan tendangan sudut.

Di menit ke-19 giliran David Silva yang memaksa Guzan melakukan penyelamatan penting setelah menerima umpan manis dari Kolarov. Villa tak berdiam diri menerima serangan dari City, meski tak mudah mereka juga menciptakan peluang untuk menciptakan gol, lewat kerja sama Andreas Weimann dan Jordan Bowery pada menit ke-33. Sayang bola umpan Weimann yang disambut tendangan Bowery masih melambung jauh dari gawang City yang dikawal Joe Hart.

Kegagalan skema sepak pojok City semenit berselang juga membuka peluang bagi Villa melakukan serangan balik. Sayangnya Weimann yang menggiring bola masih gagal melewati Zabaleta, tendangannya yang membentur kaki Zabaleta hanya menghasilkan sepak pojok bagi Villa.

Pada menit kedua waktu tambahan babak pertama, Nasri mendapatkan peluang yang sangat baik. Akan tetapi sontekannya menerima umpan tarik James Milner masih melebar di kiri gawang Guzan. Hasil imbang yang sebetulnya membawa City kembali ke puncak, justru membuat publik Etihad Stadium terlihat khawatir.

Susunan pemain:

Manchester City (4-2-3-1): Joe Hart (Penjaga Gawang); Pablo Zabaleta, Vincent Kompany, Martin Demichelis, Aleksandar Kolarov; Javi Garcia, Yaya Toure, James Milner, David Silva, Samir Nasri; Edin Dzeko

Aston Villa (5-3-2): Brad Guzan (Penjaga Gawang); Matthew Lowton, Ron Vlaar, Ciaran Clark, Nathan Baker, Ryan Bertrand; Ashley Westwood, Fabian Delph, Karim El Ahmadi; Andreas Weimann, Jordan Bowery
(*)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014