Jakarta (ANTARA News) - Anak (alm) Bung Tomo, Bambang Sulistomo, mengatakan hingga saat ini para  capres belum mengutarakan rencana untuk melawan korupsi para elit politik.

"Para calon pemimpin negeri ini harus mencegah terjadinya praktik jual beli hukum dan keadilan, jual beli kedaulatan rakyat yang pada akhirnya pasti akan mengakibatkan terjadinya praktek jual beli harga diri maupun harkat dan martabat negeri ini," kata Bambang dalam diskusi yang berjudul "Kedaulatan Rakyat Telah Dirampas dan Diperjualbelikan, Mau Dibawa Kemana Negeri Ini", Jakarta, Kamis.

"Pemimpin nanti haruslah pejuang yang sudah membuktikan dirinya berani secara tegas dan tulus untuk membela kepentingan rakyat dan negara. Berani berterus terang mengutarakan cita-citanya dalam menegakkan hukum dan keadilan, serta berani mencegah dan melawan korupsi dan tekanan kerakusan elit politik," kata Bambang.

Sebagai contoh, ujarnya, petani tidak mendapatkan perlindungan saat menjual hasil panen mereka dan tak berdaya dalam mempertahankan hak atas tanahnya.

Dia juga menyebut bahwa maraknya perbuatan atau kekerasan kepada perempuan dan anak-anak, terjadinya bencana alam akibat penyimpangan kebijakan pelestarian lingkungan.

"Korupsi yang dipertontonkan adalah bukti bagaimana berkembangnya kegilaan tekanan keserakahan dan kebiadaban koruptif elit politik," kata Bambang.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014