Timika (ANTARA News) - Maskapai penerbangan milik pemerintah, Garuda Indonesia, menjajaki peluang untuk membuka rute penerbangan baru Timika-Sorong-Manado yang sebelumnya pernah dilayani pesawat Merpati Nusantara.

General Manajer Garuda Indonesia Cabang Timika, Dedy Setiadi kepada Antara di Timika, Rabu mengatakan Garuda sudah menyiapkan pesawat jenis Bombardir CRG 1.000 dengan kapasitas 84 penumpang kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis untuk melayani rute tersebut.

Saat ini Garuda masih menunggu persetujuan slot time dari pihak Bandara Moses Kilangin Timika.

"Kalau sudah ada persetujuan maka dalam waktu singkat kita siap menerbangi rute baru ini. Dari sisi pesawat, kami sudah siap," ujar Dedy.

Ia mengatakan, rute penerbangan Timika-Sorong-Manado tersebut rencananya diterbangi tiga kali sepekan. Permintaan tiket pada rute itu cukup banyak.

Pihak Garuda sudah mengantongi izin slot time dari pihak Bandara Sorong, Papua Barat. Saat ini Garuda juga mengoperasikan pesawat jenis yang sama untuk melayani rute penerbangan Jayapura-Sorong-Manado.

"Kalau persetujuan slot time dari pihak Bandara Sorong suda ada. Mereka malah sangat antusias. Kami hanya tinggal menunggu slot time dari pihak Bandara Timika," tutur Dedy.

Sementara itu dalam rangka menghadapi bulan puasa dan hari raya Lebaran mendatang, pihak Garuda juga akan segera mengoperasikan rute penerbangan Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura pulang pergi setiap hari mulai Kamis, 15 Mei 2014.

Saat ini sejumlah penumpang sudah jauh-jauh hari memesan tiket untuk penerbangan menghadapi hari raya Lebaran tahun ini.

"Permintaan tiket untuk hari raya Lebaran sudah banyak. Makanya kami mempercepat pengoperasian rute Makassar Timika dan sebaliknya sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para penumpang agar bisa berlibur di kampung halaman mereka," jelas Dedy.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014