Melalui nilai-nilai universal dari darma Sang Buddha sungguh semakin bersih hatinya sehingga bisa membangun bangsa yang maju dan sejahtera,"
Magelang (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengharapkan semangat Waisak dapat menjadi inspirasi serta mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk "survive", unggul, dan maju dalam kehidupan masyarakat dunia.

"Melalui nilai-nilai universal dari darma Sang Buddha sungguh semakin bersih hatinya sehingga bisa membangun bangsa yang maju dan sejahtera," katanya dalam perayaan Tri Suci Waisak 2558 BE/2014 di Taman Lumbini Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu malam.

Ia mengatakan bahwa membangun bangsa yang maju dan sejahtera memerlukan perjuangan, pengorbanan, dan kerja keras semua lapisan masyarakat.

"Bagi masyarakat majemuk upaya itu harus selalu didasari semangat toleransi dan persaudaraan," katanya.

Ia menuturkan bahwa Indonesia dilahirkan sebagai bangsa yang majemuk dengan bermacam suku, bahasa, agama, budaya, dan identitas-identitas lainnya. Semua itu sebagai anugerah Tuhan YME.

"Karunia yang dapat memberikan kebahagiaan, kesejahteraan, dan kemajuan apabila dapat mengelolanya melalui toleransi," katanya.

Ia mengatakan bahwa hidup pada era global yang penuh dengan tantangan ini perlu peningkatan kerukunan beragama, berbangsa, dan bernegara.

"Saya berharap tema Waisak tahun 2558 BE/2014, yakni Kembangkan Brahmavihara untuk Kebahagiaan Semua Makhluk dengan subtema Senantiasa Berpandangan Terang dan Berpikir Luhur dapat benar-benar diwujudan oleh umat Buddha di Tanah Air," katanya.
(H018/D007)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014