Beijing (ANTARA News) -Tiongkok terus bersiap dan meningkatkan pengamanan menjelang KTT Conference on Interaction and Confidence Building Measures in Asia (CICA) pada 20--21 Mei 2014.

Peningkatan keamanan tidak saja dilakukan di Beijing, tetapi juga Shanghai yang menjadi tempat penyelenggaraan KTT yang akan dihadiri beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan serta perwakilan organisasi internasional, demikian pantauan Antara di Beijing, Kamis.

Peningkatan keamanan terutama dilakukan untuk mengantisipasi berbagai aksi terorisme, selalu pengamanan terkait protokoler. Di Beijing, pengamanan dilakukan antara lain dengan peningkatan patroli oleh aparat kepolisian di beberapa sudut kota, lengkap dengan persenjataan dan anjing pelacak.

Sementara di Shanghai, pengamanan dilakukan serupa namun disertai pemeriksaan terhadap kendaraan yang lalu lalang disekitar lokasi KTT untuk mendeteksi adanya aksi terorisme, seperti senjata dan bahan peledak.

Pemerintah setempat bahkan melarang penyalaan kembang api dan petasan beberapa hari menjelang KTT hingga sehari setelah KTT berlangsung.

Pemerintah Kota Shanghai telah mengumumkan peningkatan pengamanan dilakukan hingga 22 Mei tengah malam. Aparat kepolisian terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan latihan tanggap darurat untuk mengamankan KTT CICA 2014.

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Cheng Guoping mengatakan Tiongkok berharap penyelenggaraan KTT CICA 2014 dapat menjadi forum yang makin memperkuat kerja sama negara-negara Asia.

"Pertemuan tingkat tinggi kali ini akan dihadiri beberapa wakil dari 46 negara dan organisasi international. Tiongkok berharap kehadiran para wakil negara anggota CICA dapat memberikan kontribusi positif, semangat diantara para peserta untuk terus meningkatkan kerja sama atas dasar saling menguntungkan," tuturnya.

Cheng Guoping mengemukakan KTT akan memberi pengaruh penting bagi keamanan, stabilitas serta pembentukan konfigurasi keamanan Asia. "Asia kini menjadi pusat dan penggerak pertumbuhan ekonomi dunia dan peradaban abad 21," katanya.

CICA didirikan pada 1993 sebagai forum dialog dan konsultasi untuk pembangunan dan keamanan. Saat ini tercatat 20 negara sebagai anggota CICA, dari Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara dan Timur Tengah. Pada 2014 Tiongkok menjadi Ketua CICA hingga 2016.
(R018/A011)

Pewarta: Rini Utami
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014