Barcelona (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Gerardo "Tata" Martino menyatakan berpisah dari klub Catalan tersebut menyusul hasil imbang 1-1 melawan Atletico Madrid yang membuat mereka gagal merebut gelar juara La Liga.

Pelatih berusia 51 tahun menyatakan hal itu telah menjadi keputusan bersama dirinya dengan pihak klub yang baru dilatihnya selama satu musim.

Tata yang menjadi pengganti mendiang Tito Villanova setelah mundur akibat masalah kesehatan musim panas lalu, gagal membawa Barcelona menampilkan permainan konsisten sepanjang musim dan hanya memberi satu gelar, Piala Super Spanyol.

"Berdasarkan kesepakatan dengan pihak klub, saya bukan lagi pelatih Barcelona," kata Tata seperti dilansir Sky Sports.

"Saya sangat menyesal gagal mencapai target yang sudah ditetapkan klub ini dan sebelumnya selalu berhasil. Tim ini terdiri dari para pemain yang hebat. Rasa terima kasih terbesar saya untuk para pemain yang telah membuat saya bangga,".

Sementara itu pihak klub, Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta menyampaikan apresiasi atas kerja sama Tata selama semusim terakhir.

"Kami berterima kasih kepada Tata. Ini musim yang berat," katanya.

Anak-anak asuhan Tata gagal mempertahankan gelar juara kala menjamu Atletico Madrid di pekan penutup liga.

Alexis Sanchez berhasil membawa Barcelona unggul terlebih dulu, sebelum sundulan bek Diego Godin di babak kedua sudah lebih dari cukup untuk mengakhiri puasa gelar La Liga Atletico Madrid selama 18 tahun sekaligus menghentikan ambisi Barcelona.

Masa depan Tata telah menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir dan sejumlah laporan menyebutkan mantan pemain Barcelona, Luis Enrique, telah disiapkan sebagai penggantinya dan dia telah menyatakan mundur dari kursi kepelatihan Celta Vigo.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014