Paris (ANTARA News) - Lille merebut satu jatah Liga Champions setelah mengalahkan Lorient 4-1 pada laga terakhir Liga Utama Prancis musim ini, sedangkan Evian membekap Sochaux 3-0 untuk bertahan di Ligue 1.

Diharuskan menang untuk berada di urutan ketiga klasemen yang juga satu jatah kualifikasi Liga Champions tahun depan, Lille tertinggal lebih dulu di Stade Moustoir berkat gol pembuka Jeremie Aliadiere pada menit 22.

Namun Lille yang tak pernah berada di peringkat lebih rendah dari tiga sejak Oktober tahun lalu, merespons dengan menciptakan gol balasan yang dilesakkan Salomon Kalou 10 menit kemudian.

Nolan Roux kemudian membuat tim asuhan Rene Girard berbalik unggul setelah melepaskan sundulan yang tak bisa dicegah kiper lawan Fabien Audard.

Blunder lainnya dilakukan Audard yang membuat Kalou menciptakan gol keduanya atau gol ketiga Lille sebelum gol bunuh diri pada menit-menit akhir dari bek Gregory Bourillon tercipa.

Hasil ini membuat Saint-Etienne yang menang 3-1 dari juru kunci Ajaccio finis di urutan keempat atau jatah Liga Europa.

Loic Perrin melepaskan sundulan untuk menerima umpan Max-Alain Gradel guna membawa Saint-Etienne unggul di Stade Geoffroy Guichard sebelum Mevlut Erding menggandakannya dengan gol ke-12 dia pada musim ini.

Perrin mempersembahkan gol ketiga Saint-Etienne sebelum Issa Baradji menciptakan satu gola untuk Ajaccio.

Sochaux terlempar ke divisi dua setelah tak terkalahkan tujuh laga terakhirnya tanpa pernah kalah diakhiri oleh rivalnya Evian.

Klub asuhan Herve Renard harus menang dari Evian, namun malah jeblok di Stade Bonal di mana mereka tak terkalahkan sejak Januari lalu ketika pemain timnas Denmark Daniel Wass melepaskan tendangan voli akrobatik pada menit kesembilan.

Juara liga Paris Saint-Germain ini menciptakan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim dengan 27 kali setelah mencukur Montpellier 4-0 berkat gol Zlatan Ibrahimovc pada menit 26, kemudian Ezequiel Lavezzi, Lucas dan Adrian Rabiot, sehingga jumpal poin kemenangan menciptakan rekor baru dengan 89.

Lyon juga mendapatkan jatah di Liga Europa musim depan menyusul menang 1-0 dari Nice.

Sebuah sundulan pada menit delapan dari bek Burkina Faso Bakary Kone membuat Lyon finish di urutan lima atau satu poin di atas Marseille yang mengalahkan Guingamp.

Sementara itu Monaco ditahan seri 1-1 di kandangnya di Bordeaux.  Kiper Bastia Mickael Landreau berusaha membuat timnya clean sheet pada laga terakhir musimnya, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014