Milan (ANTARA News) - AC Milan gagal melangkah ke Liga Europa meski menang 2-1 atas Sassuolo dalam laga penutup mereka di Serie A di San Siro, Milan, Italia, Senin dini hari WIB ini, karena saat bersamaan Parma juga menang.

Milan unggul cepat 2-0 dalam 27 menit pertama pertandingan lewat gol gelandang Sulley Ali Muntari pada menit kedua dan eksekui tendangan bebas Nigel de Jong pada menit 27.

Akan tetapi laga yang lantas diwarnai dengan tiga kartu merah dari wasit Paolo Valeri, dua untuk kubu Milan (Philippe Mexes dan Matttia de Sciglio) dan satu untuk Sassuolo (Paolo Cannavaro), berakhir dengan skor 2-1 setelah penyerang Simone Zaza sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit 90.

Kemenangan tersebut tidak cukup membawa tim asuhan Clarence Seedorf melangkah ke Liga Europa musim depan karena hanya menjadi satu dari tiga kondisi yang harus terpenuhi.

Dua kondisi lain yang tidak terpenuhi adalah para pesaing Milan, Torino dan Parma, harus kalah dalam pertandingan terakhir mereka, masing-masing melawan Fiorentina dan Livorno.

Namun Torino malah imbang 2-2 melawan tuan rumah Fiorentina di Artemio Franchi, sedangkan Parma sukses mengalahkan Livorno 2-0 di hadapan publik sendiri di Ennio Tardini.

Berkat hasil tersebut, Parma sukses mengantongi tiket fase kualifikasi ketiga Liga Europa dengan menempati peringkat enam klasemen, mengumpulkan 58 poin, sementara Torino dan Milan sama-sama mengakhiri musim dengan 57 poin di peringkat tujuh dan delapan.

Torino unggul dalam agregat gol, meskipun rekor pertemuan keduanya imbang.

Milan gagal tampil ke kompetisi Eropa musim depan setelah musim ini tersingkir dari Liga Champions di babak 16 Besar dari finalis Atletico Madrid yang akan menjalani laga pamungkas melawan Real Madrid di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, 25 Mei mendatang.

Susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir uefa.com.
AC Milan (4-1-2-1-2): Christian Abbiati (pg), Mattia de Sciglio, Adil Rami, Philippe Mexes, Kevin Constant (Cristian Zaccardo), Nigel de Jong, Riccardo Montolivo, Sulley Ali Muntari (Stephan El Shaarawy), Adel Tarabt, Kaka (Mario Balotelli), Giampaolo Pazzini
Sassuolo (4-3-3): Alberto Pomini (pg), Pedro Mendes (Emanuele Terranova), Paolo Cannavaro, Lorenzo Auaudo, Alessandro Longhi, Raman Chibsah (Gaetano Masucci), Francesco Magnanelli, Simone Missiroli (Davide Biondini), Domenico Berardi, Simone Zaza, Nicola Sansone Gilang Galiartha "Don't get any big ideas, they're not gonna happen" ~ Thom Yorke

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014