Mexico City (ANTARA News) - Leon mempertahankan gelar juara Liga Meksiko setelah menang 2-0 pada laga leg kedua atas Pachuca, Minggu, merupakan laga final antar dua tim yang dimiliki oleh grup perusahaan yang sama.

Pengusaha besar Carlos Slim memiliki saham 30 persen di Grup Pachuca yang memiliki dua tim finalis itu.

Jesus Martinez, presiden grup dan pemilik Pachucad, kalah atas tim putranya Jesus Martinez Murguia, yang merupakan ketua Leon.

Striker dari Argentina, Mauro Boselli, merupakan pemain target, yang memenangkan tim pada final Clausura itu - merupakan leg kedua hingga perpanjangan waktu, setelah laga berlangsung 66 menit di Hidalgo, setelah Pachura menang pada leg pertama Kamis dengan angka 3-2.

Mantan penjaga gawang veteran Meksiko Oscar Perez, bereaksi cepat atas tendangan Boselli, namun si kulit bundar membentur badannya dan melejit ke dalam gawang.

Pemain bertahan Juan Ignacio Gonzalez mencetak angka penentu untuk Leon, yang dipimpin kapten Piala Dunia Meksiko, Rafael Marquez, serta dilatih bos dari Uruguay Gustavo Matosas, sampai memasuki perpanjangan waktu dan Luis Montes menendang dari pojok untuk Leon.

"Pertandingan luar biasa. Saya amat bahagia kendati badan saya terkena beberapa pukulan. Kami terus maju sampai memenangi laga ini," kata Gonzalez kepada TV Azteca.

Sang juara mengangkat piala kemenangan mereka untuk ketujuh kalinya dan menjadi tim pertama yang meraih gelar ganda Apertura dan Clausura pada musim yang sama.

UNAM Pumas memenangi turnamen Clausura pada 2004 dan Apertura pada musim berikutnya ketika mereka dilatih mantan bos Real Madrid dan striker Meksiko Hugo Sanchez.

Striker Piala Dunia Ekuador yang bermain di Pachuca, Enner Valencia, merupakan pencetak gol terbanyak dengan 18 gol, demikian Reuters.

(Uu.A008/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014