Kotabaru (ANTARA News) - Penumpang dan anak buah kapal PM Bintang Mas 2 yang tenggelam di Perairan Pudi, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Kamis dini hari, berhasil diselamatkan.

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi Rizal Irawan, Kamis mengatakan, empat orang penumpang dan dua orang Anak Buah Kapal (ABK), PM Bintang Mas 2 selamat setelah dievakuasi spedboat dan balapan (perahu cepat khusus untuk mencari ikan).

Sumari menjelaskan, peristiwa tersebut bermula Kamis (22/5) dini hari sekitar pukul 02.00 WITA ketika PM Bintang Mas 2 rute Kotabaru-Pudi, Kelumpang Utara, berangkat dari pelabuhan Panjang Kotabaru tujuan Pudi dengan membawa empat orang penumpang dan barang sembilan bahan pokok.

Setelah beberapa jam berlayar dan tepat berada di perairan Pudi, terjadi cuaca buruk, hujan deras disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

Saat itu air hujan dan dan air laut masuk palka kapal sehingga mesin penyedot air mati.

Panik, nakhoda kapal Sjachrani melaporkan kejadian itu ke pemilik kapal dengan menggunakan telepon genggam.

"Nakhkoda melaporkan bahwa kapal mau tenggelam, di perairan dekat pesisir pantai Pudi, atau sekitar 150 meter," tuturnya.

Beberapa saat kemudian, spedboat dan kapal balapan datang dan mengevakuasi semua penumpang kapal yang berjumlah empat orang, yakni, Ansyar, Akhmad yani, Mukhsin Alatas, Sapri, termasuk dua ABK kapal.

Mereka langsung dievaskuasi ke daratan, sementara kapal dan barang sembako masih berada dalam kapal itu. "Saat ini masih dilakukan evakuasi kapal untuk ditarik ke pesisir laut," kata dia.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014