Jakarta (ANTARA News) - Laskar Santri Nusantara (LSN) DKI Jakarta menyatakan kesiapannya untuk memenangkan pasangan capres -cawapres, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada pemilihan presiden (Pilpres), 9 Juli 2014.

Dalam pernyataan sikapnya, Senin, yang ditandatangani ketua LSN Dewan Koordinasi DKI Jakarta, Ustad Muhamad Utomo  dan sekretarisnya Andy Noerahman, menyatakan,  Indonesia memerlukan sosok kepemimipian rendah hati, sederhana, tidak berjarak dengan rakyat yang  mampu mengubah pandangan masyarakat tentang seorang pemimpin Indonesia, yaitu duet Jokowi-JK yang merupakan pasangan capres dan cawapres perpaduan nasionalis-religius.

Muhamad Utomo mengatakan, sosok Jokowi dengan gaya kepemimpinannya yang jujur, apa adanya, kerja keras dan blusukannya dinilai publik sebagai pemimpin yang mengadirkan fenomena baru dalam pola kepemimpinan di Indonesia. Karakter kepemimpinan Jokowi yang sederhana dan tidak berjarak dengan rakyat selaras dengan gaya kepemimpinan ala pesantren, bersahaja dan egaliter.

Sedangkan, Jusuf Kalla yang merupakan kader Nahdliyin dan anggota Dewan Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu dinilai memiliki kualitas dan kemampuan personal paling mumpuni.

"Jusuf kalla memiliki integritas, visi leadership dan keberanian mengambil keputusan dengan cepat serta komitmen kepemimpinan yang tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan konsistennya dalam menggeluti kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan seperti sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI)," katanya.

Di samping itu, katanya, duet Jokowi-JK akan saling melengkapi baik pada sisi kompetensi, kapabilitas, pengalaman dan prestasi kepemimpinan.

Muhamad Utomo menegaskan, Laskar Santri Nusantara Wilayah DKI Jakarta siap menggerakkan semua jaringan santri dan alumni pesantren yang tersebar di wilayah DKI Jakarta sebagai mesin pemenangan pasangan capres - cawapres (2014-2019) Jokowi-JK.

LSN DKI Jakarta bertekad memperjuangkan dan memenangkan pasangan Jokowi-JK dengan prinsip, nilai, dan tradisi kaum santri yang berdiri kokoh di atas ajaran kepemimpinan khas ala pesantren sebagaimana diajarkan dalam kitab kuning, maupun yang dicontohkan oleh kesalehan dan keistiqomahan para kiai dalam melayani dan membimbing santri dan masyarakatnya.

Selain itu, LSN DKI juga mengajak kepada seluruh umat Islam untuk memenangkan pasangan Jokowi-JK, sebab  pasangan inilah yang berkomitmen untuk terus melestarikan nilai-nilai pesantren demi terwujudnya Indonesia lahir dan batin.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014