Jakarta (ANTARA News) - Unit Pengelola Transjakarta akan mengoperasikan 18 bus Transjakarta untuk angkutan malam hari (amari) mulai 1 Juni 2014.

"Kita sudah menyiapkan 18 unit bus untuk tiga koridor Transjakarta yang akan dioperasikan sebagai amari. Pengoperasiannya akan dimulai pada Minggu besok," kata Kepala Unit Pengelola Transjakarta Pargaulan Butarbutar di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, armada angkutan malam hari akan beroperasi di Koridor I rute Blok M-Kota, Koridor III rute Kalideres-Harmoni dan Koridor IX rute Pluit-Pinangranti setiap hari mulai pukul 23.00 hingga 05.00 WIB.

"Ada enam unit bus yang kita sediakan di masing-masing koridor. Sedangkan, dua bus lainnya kita jadikan sebagai bus cadangan. Untuk saat ini baru tiga koridor yang dilengkapi layanan amari," ujar Pargaulan.

Dia menuturkan pengoperasian bus malam di tiga koridor tersebut masih dalam tahap uji coba sebelum operasi diperluas ke koridor-koridor lainnya.

"Tiga koridor itu kita pilih sebagai uji coba karena kita melihat banyak sekali warga yang membutuhkan transportasi malam hari, terutama di Koridor I. Hampir sama halnya dengan Koridor IX karena banyak mengangkut penumpang dari barat ke timur," katanya.

Ia menambahkan, pengelola akan menyesuaikan waktu kerja bagi pengemudi bus Transjakarta setelah pengoperasian bus malam hari.

Pengelola, menurut dia, tidak akan memberlakukan perubahan tarif tiket bus Transjakarta setelah pengoperasian bus makam. Harga tiket tetap Rp2.000 mulai pukul 05.00 hingga 07.00 WIB dan Rp3.500 mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB serta pukul 23.00 hingga 05.00 WIB.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014