Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana memanfaatkan bus kecil seperti Kopaja AC sebagai angkutan malam hari atau Amari.

"Rencananya, kami ingin memanfaatkan bus yang kecil-kecil itu menjadi Amari karena kalau malam hari, jumlah penumpang tidak terlalu banyak," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Meskipun demikian, pria yang lebih akrab disapa Ahok itu mengatakan saat ini rencana itu masih harus dikaji lebih lanjut sebelum benar-benar diterapkan.

"Sekarang, rencana pengalihan Kopaja AC menjadi Amari masih kami kaji, kami analisis lagi lebih lanjut untuk mengetahui apakah Kopaja AC itu memang betul bisa dijadikan sebagai Amari," ujar Ahok.

Dia menuturkan saat ini, sekitar 60 persen armada bus Transjakarta di Ibukota dalam kondisi kurang baik karena beberapa unit bus sudah berusia lebih dari sepuluh tahun.

"Tentu saja bus-bus yang sudah rusak itu harus secepatnya diganti dengan bus baru," tutur Ahok seraya mengatakan tahun ini akan membeli banyak bus baru.

"Selain itu, kami juga mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan sebanyak 600 unit bus. Ini semua demi meningkatkan layanan transportasi bagi warga," ungkap Ahok.


Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016