... seluruh lawan di Grup B merata, sehingga mereka semua memilik peluang... "
Solo (ANTARA News) - Tim Nasional U-18 Indonesia siap mengalahkan Brunei Darussalam pada pertandingan perdana Grup B Asian Schools Football U-18 Championship, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat (6/6).

Semua lawan pada turnamen ASF U-18 itu berat, tetapi timnya akan memanfaatkan pada pertandingan perdana melawan Brunei Darussalam untuk motivasi lag selanjutnya, kata Pelatih Tim Nasional U-18 Indonesia, Maman Suryaman, di Solo, Kamis.

Menurut Suryaman, timnya persiapan mengikuti ASF sekitar satu bulan, dan kualitas pemainya banyak progres baik, karena mereka terus berlatih dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) masing-masing.

Timnas U-18 pada turnamen yang sama di Thailand, tahun sebelumnya mampu menjadi juara kedua. Ryan Ardiansyah dan kawan-kawan yang berlaga menjadi tuan rumah di Solo, mempunyai peluang besar bisa menjuarai turnamen ini.

Menurut dia, Tim Indonesia pada ASF tersebut tergabung di Grup B, bersama Thailand, Hong Kong, dan Brunei Darussalam. Sementara, Grup A terdiri dari Tim Korsel, Tiongkok, Malaysia, Sri Lanka, dan Singapura.

"Saya menilai kekuatan seluruh lawan di Grup B merata, sehingga mereka semua memilik peluang," katanya.

Menurut dia, dengan kekuatan tim merata tersebut, Indonesia mempunyai peluang besar mencapai prestasi terbaik. Juara menjadi target karena pelaksanaan sebelumnya menjadi runner up di negara lain.

Meskipun, tim Indonesia persiapan waktunya cukup mepet, tetapi 20 pemainnya hasil seleksi di Bogor dapat penunjukan penampilan terbaik untuk menaklukan tim-tim dari Asia itu.

Menurut dia, pemainnya pada pertandingan perdana lawanm Brunei, harus tetap fokus sepanjang pertandingan, karena kemenangan yang diperoleh akan menentukan laga selanjutnya. 

Pewarta: Bambang Marwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014