Sebetulnya, bus-bus yang disumbangkan itu akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan-perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, sumbangan itu menguntungkan mereka juga,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima sumbangan berupa 30 unit armada bus Transjakarta dari tiga perusahaan, antara lain Telkomsel, Tiphone dan Roda Mas.

"Sebetulnya, bus-bus yang disumbangkan itu akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan-perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, sumbangan itu menguntungkan mereka juga," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat serah terima sumbangan 30 bus di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut pria yang saat ini tengah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI itu, keuntungan tersebut berasal dari iklan yang dipasang di tiap-tiap bus tersebut.

"Di dalam setiap bus-bus sumbangan itu kan juga sudah ditempeli iklan produk-produk mereka (perusahaan penyumbang). Otomatis mereka untung dong," ujar Basuki.

Lebih jauh, dia menuturkan Pemprov DKI Jakarta masih membutuhkan sekitar 60 hingga 70 bus tingkat sebagai solusi mengatasi kemacetan di wilayah Kota Jakarta.

"Apalagi, kita ada rencana menerapkan sistem jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP). Salah satu syaratnya, yakni harus ada transportasi massal yang memadai. Jadi, kita butuh banyak bus," tutur Basuki.

Dia mengungkapkan sumbangan sebanyak 30 unit armada tersebut akan dioperasikan di koridor-koridor Transjakarta yang masih membutuhkan banyak bus.

"Terima kasih telah memberikan sumbangan ini. Bus-bus ini akan kita sebar di koridor yang jumlah armadanya masih sedikit. Pengelolaannya pun akan dilakukan sebaik mungkin oleh PT Transjakarta," (R027/Y008)

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014