Jakarta (ANTARA News) - Tim World Football Legends berhasil mengalahkan Indonesia Legends 5-2 dalam laga amal bertajuk Football Legends Tour 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu malam.

Gol bagi Football Legends diciptakan oleh mantan pemain Inter Milan Luis Figo pada menit ke-11, mantan pemain Liverpool Robbie Fowler pada menit ke-31 dan ke-58, mantan pemain AC Milan Gianluca Zambrotta pada menit ke-43, dan mantan pemain Manchester United Luis Saha pada menit ke-61.

Sementara gol balasan dari Indonesian Legends dicetak oleh pemain Pelita Bandung Raya, Bambang Pamungkas, lewat eksekusi 12 pas pada menit ke-17 dan mantan pemain Persija, Gendut Doni, pada menit ke-90.

Meski berstatus laga amal, kedua tim menampilkan permainan yang tidak membosankan. Bahkan, tim Football Legends yang berisikan pemain-pemain berusia di atas 35 tahun tetap tampil atraktif, dan belum kehilangan sentuhan-sentuhan magis mereka, seperti Luis Figo dan Rui Costa.

Pada menit ke-5, Football Legends berpeluang untuk memperoleh keunggulan lebih dulu saat skema serangan yang dibangun Rui Costa sukses membahayakan gawang Indonesia Legends.

Meski demikian, bola tendangan Nuno Gomes menyambut umpan tarik Rui Costa masih bisa dibendung penjaga gawang Hendro Kartiko.

Pada menit ke-11, Luis Figo sukses memberikan keunggulan bagi Football Legends lewat sebuah tendangan kaki kanan yang tidak mampu diantisipasi Hendro, setelah sebelumnya menggiring bola melewati tiga pemain Indonesia Legends.

Menit ke-17, Bambang Pamungkas berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat eksekusi dingin dari titik penalti, setelah Marco Materazzi terpaksa melanggar Kurniawan Dwi Yulianto di dalam kotak penalti.

Pada menit ke-31, Football Legends kembali unggul 2-1 setelah mantan penyerang Liverpool, Robbie Fowler, menyambut umpan Luis Figo dengan sundulan yang sulit diantisipasi Hendro Kartiko.

Football Legends kembali memperbesar keunggulan lewat gol yang dicetak Gianluca Zambrotta pada menit ke-43. Robbie Fowler yang melihat Luis Saha berlari tanpa pengawalan segera mengirimkan bola ke sisi kanan dalam kotak penalti.

Saha yang dihadang penjaga gawang Hendro Kartiko memilih untuk memberi umpan kepada Zambrotta yang berdiri bebas dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Babak pertama berakhir dengan skor sementara 3-1 bagi Football Legends.

Memasuki babak kedua, tempo permainan cenderung lebih lambat. Beberapa peluang yang didapatkan Rivaldo masih gagal menemui sasaran, sebelum akhirnya Fowler mencetak gol keduanya dalam laga tersebut, lagi-lagi lewat sundulan.

Gol tersebut tercipta menit ke-58, setelah Fowler yang berdiri bebas di sisi kiri gawang Hendro dan mendapat umpan matang dari Rui Costa.

Tiga menit berselang, giliran Luis saha yang mencetak gol dengan mudah. Gol itu terjadi setelah Indonesia Legends gagal menerapkan jebakan offside dan Hidetoshi Nakata menerima bola di hadapan Hendro, dan mengumpan Saha yang berdiri bebas.

Kesempatan itu tidak disia-siakan Saha yang segera memberi keunggulan 5-1 bagi Football Legends. Indonesia Legends mendapatkan peluang pada menit ke-64 untuk memperkecil ketertinggalan, sayang skema cantik yang melibatkan Widodo C Putro dan Kurniawan gagal diselesaikan dengan baik oleh Bambang, tendangannya dengan mudah dijinakkan oleh Toldo.

Beberapa peluang kembali didapatkan Indonesia Legends melalui Gendut Doni dan Bambang, namun tidak satupun menghasilkan gol. Peluang juga dimiliki Football legends untuk menambah keunggulan pada menit ke-86, sayang sundulan Nuno Gomes menyambut umpan Silvestre masih melayang tipis di atas mistar gawang Hendro.

Gol yang ditunggu-tunggu penonton akhirnya hadir kembali, saat Gendut Doni memperkecil ketertinggalan Indonesia Legends menjadi 2-5 pada menit terakhir pertandingan. Umpan Kurniawan mampu diselesaikan dengan baik oleh Gendut Doni yang berhadapan dengan kiper Toldo.

Tak lama berselang, peluit tanda pertandingan usai berbunyi dan laga usai dengan kemenangan 5-2 bagi Football Legends atas Indonesian Legends.

Susunan pemain

World Football Legends:
Francesco Toldo (PG), Mikael Silvestre, Marco Materazzi, Alessandro Nesta, Gianluca Zambrotta, Patrick Vieira, Hidetoshi Nakata, Luis Figo (K), Rui Costa, Rivaldo, Nuno Gomes, Fabio Cannavaro, Gennaro Gattuso, Robbie Fowler, Rivaldo Junior, Luis Saha

Indonesian Legends: Hendro Kartiko (PG), Charis Yulianto, Bejo Sugiantoro, Alex Pulalo, Gusnedi Adang, Imran Nahumarury (Indriyanto), Francis Wawengkang, Widodo C Putro, Bima Sakti, Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Yulianto (K), Leo Saputan, Indriyanto, Gendut Doni.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014