Warsawa (ANTARA News) - Sebuah survei di kalangan perusahaan Jerman di 16 negara Eropa Tengah dan Eropa Timur (CEE), yang dilakukan oleh kamar dagang lokal Jerman, mengonfirmasi bahwa Polandia masih dianggap tempat terbaik untuk berinvestasi.

Posisi tersebut, tidak berubah dari hasil survei tahun lalu.

"Pada 2013, Polandia menduduki peringkat atas dan menegaskan posisinya dalam survei tahun ini," kata Kamar Dagang Jerman (AHK) di Polandia dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Dari skor maksimum enam poin, Polandia menerima 4,09 poin, diikuti oleh Republik Ceko, Estonia, Slovakia, Slovenia, Latvia dan Lithuania.

Daya tarik untuk berinvestasi diukur dengan 21 faktor berbeda yang mempengaruhi arus masuk modal asing, dengan sebagian besar bobot melekat pada keanggotaan Uni Eropa, keuntungan tenaga kerja, kualitas pendidikan akademik, dan ketersediaan pemasok lokal.

Sebanyak 91 persen dari perusahaan yang disurvei memandang situasi ekonomi Polandia sebagai baik atau memuaskan, dibandingkan dengan rata-rata 58 persen di seluruh wilayah.

Survei ini dilakukan antara Februari hingga Maret 2014 pada sekelompok 1.435 perusahaan dengan modal Jerman yang telah diinvestasikan di negara-negara CEE, demikian laporan Xinhua.

(A026)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014