Banjarmasin (ANTARA News) - Tim pemenangan Joko Widodo dan HM Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di Kalimantan Selatan optimistis calon presiden dan wakil presiden yang menjadi jagoan mereka, menang di provinsinya.

"Berdasarkan fenomena masyarakat di daerah kita, kami optimistis Jokowi-JK memang," H Abdul Munasib Halike, anggota Dewan Pengarah Tim Pemenangan capres dan cawapres nomor urut dua tersebut, di Banjarmasin, Jumat.

Begitu pula berdasarkan hasil survai sementara, perolehan suara pasangan Jokowi-JK di Kalsel minimal 53 persen, lanjut Munasib yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tingkat provinsi tersebut.

"Kita tak perlu berlebihan membuat target persentasi, yang penting menang. Syukur-syukur kalau bisa melampaui target minimal," tandas anggota Komisi IV bidang kesra DPRD Kalsel tersebut.

Mantan Kepala Kanwil/Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel itu mengungkapkan, kantong-kantong perolehan suara pasangan Jokowi-JK di provinsi tersebut antara lain Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kab Kotabaru.

"Bahkan Kota Banjarmasin dan Banjarbaru juga bisa menjadi penyumbang terbanyak perolehan suara untuk koalisi rakyat (Jokowi-JK)," lanjut alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin tersebut.

"Untuk memperoleh kemenangan tersebut sudah barang tentu semua partai politik (parpol) koalisi pendukung Jokowi-JK bergerak maskimal, yaitu selain mejaga kantong suara sendiri, juga melakukan gerakan ke daerah lain," tambahnya.

Mengenai pecahnya kongsi antara Wiranto (Win) dengan Hary Tanoesoedibjo (HT), dia menyatakan, hal tersebut tak akan terlalu mempengaruhi atau tidak berpengaruh untuk kemenangan pasangan Jokowi-JK.

"Pasalnya ketika Hary Tanoe bergabung ke Hanura tidak terlalu signifikan juga dalam perolehan suara pada Pemilu legislatif lalu. Memang Hanura bisa bertahan untuk batas ambang perlemen," demikian Abd Munasib.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Harian Tim Kampanye Daerah (Timkamda) Prabowo - Hatta Prov Kalsel H Abidin HH menargetkan perolehan suara di provinsinya 80 persen untuk kemenangan pasangan Capres dan Cawapres dengan nomor urut satu tersebut.

"Saya optimistis, pak Prabowo-Hatta akan menang di Kalsel dalam pemilihan presiden dan wakil presiden Juli mendatang," tandas H Abidin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tingkat provinsi itu.

"Saya terjun langsung ke bawah dan mendengar sendiri aspirasi masyarakat, seperti di pasar-pasar dan daerah pesisir, mereka akan memberikan suara untuk kemenangan Prabowo-Hatta," lanjut Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kalsel tersebut.  (SHN/H005)

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014