Fortaleza (ANTARA News) - Pelatih timnas Uruguay Oscar Tabarez mengatakan timnya sangat memerlukan striker bintang Luis Suarez kembali ke lapangan setelah mereka ditumbangkan Kosta Rika Minggu dini hari tadi.

Juara Amerika Selatan itu menelan kekalahan 1-3 yang bisa membunuh harapan mereka untuk lolos dari Grup D Piala Dunia.

Menjelang pertemuan mereka dengan Inggris di Sao Paulo 19 Juni nanti, Tabarez mengatakan dia memerlukan Suarez bugar sepenuhnya.

Penyerang Liverpool berusia 27 tahumn itu dibangkucadangkan pada pertandingan dini hari tadi, kendati sempat melakukan pemanasan namun Tabarez mengurungkan niatnya karena dia belum fit benar.

"Suarez tidak lagi cedera, oleh karena itu dia tidak akan lagi duduk di bangku cadangan," kata Tabarez seperti dikutip AFP.

"Kita akan melihat kapan kami bisa mempertimbangkan dia, bagi kami dia adalah pemain yang fundamental. Dia punya potensi untuk membawa banyak hal kepada tim."

"Ada empat hari sebelum laga melawan Inggris, kami akan lihat apakah dia bisa bermain atau tidak, namun yang paling penting adalah orangnya."

Mengenai lawannya Kosta Rika yang baru saja mengalahkan Uruguay, Tabarez berkata, "Mereka adalah tim dengan banyak keutamaan."

"Saya tak tahu sebaik apa Kosta Rika namun hari ini mereka bermain sangat bagus, mereka mendominasi secara taktik dan pantas menang," sambung dia seperti dilaporkan AFP.



Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014