Harapannya pemudik Lebaran tidak hanya sekadar lewat jalur alternatif itu, namun juga mampir belanja di Bantul
Bantul (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiapkan dua jalur alternatif di wilayah setempat untuk dilewati kendaraan arus mudik maupun arus balik Lebaran 2014.

"Dua jalur alternatif tersebut mulai dari persimpangan Toyan Kulon Progo ke timur menuju Palbapang Bantul, serta persimpangan Sedayu ke arah Jodog, Pandak," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito, Minggu.

Menurut dia, dua jalur alternatif itu disiapkan untuk mengurai kemacetan lalu lintas kendaraan baik saat arus mudik maupun arus balik Lebaran, terutama yang datang dari arah barat yang melewati kawasan Yogyakarta.

"Misalnya fly over Jombor yang belum bisa dioptimalkan, serta depan JIH (Jogja Internasional Hospital) yang akan diberlakukan satu arah, kalau tidak diantisipasi bisa macet total, jadi kendaraan dari Purworejo kami alihkan melewati Bantul," katanya.

Ia mengatakan untuk memberlakukan jalur alternatif itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, karena ada kaitannya dengan pemasangan rambu-rambu pengalihan arus serta petugas jaga di persimpangan.

Namun demikian, kata dia, sebelum dipersiapkan jalur untuk arus mudik Lebaran, pihaknya berencana melakukan uji coba jalur itu pada H-10 Lebaran dengan berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

"Termasuk uji coba kesiapan armada dan rambu-rambu lalu lintas, ini untuk mengetahui kekurangannya apa dan yang harus dibenahi apa," kata Suwito.

Menurut dia, persiapan dua jalur alternatif arus mudik Lebaran ini, baru akan diberlakukan tahun ini, dengan harapan selain bisa mengurai kemacetan arus, juga meningkatkan aktivitas perekonomian di Bantul.

"Harapannya pemudik Lebaran tidak hanya sekadar lewat jalur alternatif itu, namun juga mampir belanja di Bantul," kata mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul yang baru tiga bulan menjabat Kepala Dishub ini.

Pihaknya juga telah memastikan bahwa dua jalur alternatif tersebut kondisinya layak karena berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum setempat tidak ada kerusakan dan dalam kondisi baik.

"Dalam rangka menghadapi Lebaran ini kami juga akan menyiapkan sejumlah pos induk perhubungan dan pos pantau, seperti di Gabusan (jalan Parangtritis), pos Piyungan, pos Sedayu dan pos Pasar Bantul," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014