Kami juga akan berkoordinasi dengan organisasi angkutan darat (organda) untuk membantu melakukan pengawasan terhadap armada-armada angkutan umum yang dioperasikan saat Lebaran."
Semarang (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang segera mengecek kelaikan kondisi angkutan umum untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2014.

"Kami akan lakukan pengecekan kelaikan armada angkutan umum, terutama bus. Kami fokuskan di terminal-terminal," kata Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Agus Harmunanto di Semarang, Senin.

Menurut dia, pengecekan kelaikan armada angkutan umum yang digunakan untuk melayani penumpang pada arus mudik dan balik menjadi salah satu prioritas karena berkaitan dengan keselamatan.

Ia menegaskan jika ditemukan adanya angkutan umum yang tidak laik jalan bakal ditarik dari operasional untuk menjalani pembenahan karena membahayakan keselamatan penumpang dan masyarakat.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan organisasi angkutan darat (organda) untuk membantu melakukan pengawasan terhadap armada-armada angkutan umum yang dioperasikan saat Lebaran," katanya.

Organda, kata dia, ikut mengawasi agar kendaraan-kendaraan yang tidak laik jalan tidak dipaksakan dioperasikan oleh pengelola, sebelum menjalani pembenahan dan perbaikan kondisi.

Agus mengungkapkan bus-bus cadangan juga akan dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik atau balik Lebaran sehingga tidak mengakibatkan penumpukan penumpang di terminal-terminal.

"Kalau terjadi penumpukan penumpang maka bus-bus cadangan yang sudah disiapkan akan dioperasikan untuk membantu mengangkut calon-calon penumpang yang belum terangkut," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya menyiapkan pula pos komando taktis (poskotis) untuk memantau arus mudik dan balik Lebaran yang akan ditempatkan di berbagai titik, termasuk terminal-terminal.

"Terminal di Kota Semarang kan ada tiga unit, yakni Terboyo, Mangkang, dan Penggaron. Kami siapkan poskotis di tiga terminal itu. Kemudian, ada pula poskotis di tengah kota," katanya.

Keempat poskotis itu, kata Agus, akan terkoordinasi dengan markas komando poskotis yang didirikan di Kantor Dishubkominfo Kota Semarang dalam pantauan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.  (ZLS/H015)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014