Bekasi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan menyediakan 14 posko mudik Lebaran 1435 H/2014 di sepanjang lintasan mudik wilayah setempat.

"Kami bekerja sama dengan Polresta Bekasi Kota akan menyediakan posko di beberapa titik koridor yang biasanya di lewati para pemudik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman di Bekasi, Senin.

Menurut dia, koridor tersebut di antaranya Jalan KH Noer Alie, Jalan M Hasibuan, Jalan Chairil Anwar, Jalan Sudirman, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Ir H Djuanda.

"Posko tersebut bisa menjadi lokasi singgah para pemudik yang kelelahan atau sekedar ingin mencari informasi seputar arus mudik," katanya.

Pihaknya mengaku akan menyiagakan sekitar 200 personel yang nantinya dibagi menjadi puluhan tim dan ditempatkan di posko-posko yang disediakan.

Beberapa posko yang tersedia juga akan di dukung beberapa instansi lain seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial, Pramuka, Palang Merah Indonesia, dan Organisasi Amatir Radio Indonesia.

"Posko-posko tersebut akan memberikan pelayanan kesehatan seperti menyediakan kebutuhan obat-obatan dan lainnya," katanya.

Supandi menambahkan, kehadiran posko tersebut diharapkan dapat memberi keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik yang akan melintasi Kota Bekasi.

Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota akan menyediakan tiga koridor lintasan jalur mudik 2014 di wilayah setempat yang akan menghubungkan kawasan Jakarta dan jalur pantai utara Pulau Jawa atau Pantura.

"Untuk tahun ini, jalur lintasan mudik di Kota Bekasi tidak mengalami rekayasa lalu lintas," kata Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota, Kompol Arsal Syahban.

Tiga jalur mudik itu di antaranya koridor tol Bekasi-Cikampek untuk kendaraan mobil.

Koridor dua merupakan jalur Kalimalang, yakni Jalan KH Noer Alie-Hasibuan-Chairil Anwar untuk motor dan mobil.

Koridor alternatif yakni Jalan Raya Siliwangi-Sultan Agung-Ir H Djuanda-Bulak Kapal untuk motor dan mobil.

"Dua jalur utama adalah Tol Cikampek dan Kalimalang. Adapun jalur alternatif yang kami siapkan adalah jalan Siliwangi, Sultan Agung," katanya.

(KR-AFR/F003)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014