Salvador, Brasil (ANTARA News) - Dua gol Thomas Mueller dan satu lainnya dari Mats Hummels membuat Jerman unggul 3-0 atas Portugal yang harus kehilangan Pepe pada menit 37 akibat terkena kartu merah.

Gol pertama Jerman tercipta pada menit 12 dari sebuah tendangan penalti yang juga dilepaskan Thomas Mueller yang diarahkan ke sisi kanan gawang Portugal.

Kiper Portugal Rui Patricio sudah bergerak searah dengan arah bola Mueller namun bola terlalu cepat dan keras sehingga tak bisa diantisipasinya.

Hadiah penalti diberikan kepada Jerman setelah Mario Goetze dijatuhkan oleh Joao Pereira yang juga mendapatkan kartu kuning karena sengaja mengambil kaki Goetze.

Ini adalah ke-60 kalinya Jerman mencetak gol pembuka pada satu pertandingan Piala Dunia dan ini adalah rekor baru yang sebelumnya dipegang Brasil (59 kali).

Jerman menggandakan keunggulannya pada menit setelah tandukan Mats Hummels menyambut bola hasil sepakan Toni Kross dari tendangan penjuru masuk ke gawang Portugal pada babak pertama pertandingan pembuka Grup G dia Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil ini.

Tiga menit kemudian Portugal harus menarik strikernya, Hugo Almeida, yang cedera karena bertabrakan dengan Mart Hummels. Dia kemudian digantikan Ederzito Antonio Macedo Lopes yang biasa disapa Eder.

Dua menit kemudian tercipta gol kedua Jerman dari sundulan Hummels.

Lalu pada menit 37 bek tengah Portugal yang sentral bagi pertahanan timnya, Pepe, diusir ke luar lapangan setelah memprovokasi Mueller sehabis dia melanggar keras penyerang Jerman itu.

Ketika sudah tertinggal 0-2, tindakan Pepe ini jelas merugikan timnya, hanya beberapa saat setelah Jerman menciptakan gol dari Mats Hummels.

Lalu satu menit setelah waktu normal 45 menit, Mueller menciptakan gol keduanya usai memanfaatkan umpan, lagi-lagi dari Toni Kroos.  Bruno Alves gagal menghalau pemain Bayern ini yang tak ragu melepaskan tembakan keras yang tak bisa dihalau kiper Rui Patricio.

Menurut catatan FIFA.com, sepanjang babak pertama ini Jerman mengendalikan permainan dengan menguasai 52 persen distribusi bola dan melepaskan 17 serangan berbahaya dengan 7 diantaranya mencapai kotak penalti Portugal.

Sebaliknya Portugal melakukan 12 serangan berbahaya yang tiga diantaranya ke kotak penalti lawan, sedangkan dalam soal umpan Jerman juga melampaui Portugal dalam penyelesaian umpan 191 melawan 169.

Susunan pemain:
Jerman
: Manuel Neuer; Jerome Boateng, Mats Hummels, Per Mertesacker, Benedikt Hoewedes; Philipp Lahm, Sami Khedira; Mesut Ozil, Toni Kroos, Mario Goetze; Thomas Mueller
Pelatih: Joachim Loew (Jerman)

Portugal: Rui Patricio; Joao Pereira, Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao; Joao Moutinho, Miguel Veloso, Raul Meireles; Cristiano Ronaldo (c), Hugo Almeida (Eder), Nani
Pelatih: Paulo Bento (Portugal)

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014