Jakarta (ANTARA News) - Penjaga gawang Meksiko Guillermo Ochoa melakukan sejumlah penyelamatan gemilang yang membuat Brasil tak bisa menjebol Meksiko sehingga babak pertama laga kedua Grup A antara kedua negara di Estadio Castelao, Fortaleza, berakhir seri 0-0.

Tampil dalam kostum sama-sama mengejutkan --Brasil berseragam kuning biru dan Meksiko merah hitam-- kedua tim berlomba untuk menciptakan gol lebih dahulu, kendati Brasil dominan dalam penguasaan bola dan lebih agresif dalam melancarkan serangan berbahaya.

Namun yang tampaknya menjadi pemain paling cemerlang pada 45 pertama ini adalah kiper Guillermo Ochoa yang setidaknya menyelamatkan dua peluang terbersih Brasil dalam menciptakan gol.

Marcelo dan Fred menggebrak pada menit-menit awal, namun keduanya gagal mencapai target, sedangkan set peace menawan dari Neymar dimentahkan oleh barisan pertahanan Meksiko.

Meksiko sendiri beberapa kali mencoba ketangguhan pertahanan Brasil dan kiper Julio Cesar yang memblok tembakan gelandang Meksiko Hector Herrera.

Tiga menit kemudian pada menit 26 Neymar menyambut sebuah umpan lambung dengan tandukan mautnya yang dia arahkan ke sebelah kanan gawang Meksiko, namun dengan sigap Ochoa menepisnya lewat sebuah penyelamatan gemilang.

Ochoa kembali memblok sebuah tembakan, sedangkan sundulan Fred yang memanfaatkan sepak pojok Neymar juga dimentahkan Ochoa.

Pada satu menit menjelang babak pertama usai, Brasil nyaris menciptakan gol, namun lagi-lagi Ochoa tampil gemilang dengan mementahkan upaya Paulinho.  Sampai babak pertama usai, kedudukan 0-0 untuk kedua tim.

Menurut catatan FIFA, Brasil dominan dengan 54 persen penguasaan bola dan melancarkan 9 upaya dari 20 serangan berbahayanya dengan empat diantaranya tepat menyasar target. Sebaliknya Meksiko memiliki catatan lebih rendah, namun sempat dua kali membahayakan gawang Brasil.

Susunan pemain:
Brasil:
Julio Cesar, Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Paulinho, Neymar, Oscar, Ramires, Luiz Gustavo, Fred

Meksiko: Guillermo Ochoa, Francisco Rodríguez, Rafael Marquez, Miguel Layun, Hector Moreno, Paul Aguilar, Hector Herrera, Andres Guardado, Jose Vazquez, Giovani Dos Santos, Oribe Peralta.


Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014