Salvador, Brasil (ANTARA News) - Gol gelandang serang Mathieu Valbuena yang dicetak menit 40 membuat Prancis sementara unggul 3-0 atas Swiss kala turun minum dalam laga Grup E Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu pagi WIB.

Sebelumnya Prancis lebih dulu unggul 2-0 pada menit 18 lewat dua gol yang dicetak oleh Olivier Giroud pada menit 17 dan disusul Blaise Matuidi semenit berselang.

Gol penyerang Arsenal, Giroud, merupakan gol ke-100 Prancis di putaran final Piala Dunia.

Prancis sebetulnya mendapat hadiah penalti pada menit 31, namun eksekusi Karim Benzema masih bisa diantisipasi penjaga gawang Diego Benaglio.

Apabila kedudukan bertahan hingga akhir, Prancis akan memastikan diri melangkah ke babak 16 besar dengan sementara mengoleksi enam poin setelah di laga pertama mereka mengalahkan Honduras 3-0.

Prancis segera keluar menyerang sejak awal pertandingan, namun tendangan Karim Benzema dari luar kotak penalti pada menit 5 masih sedikit menyamping di sisi kiri gawang Swiss.

Kapten Swiss, Steve von Bergen harus meninggalkan lapangan lebih awal setelah mengalami benturan dengan penyerang Prancis Olivier Giroud dan menderita luka di wajahnya sehingga harus digantikan oleh mantan bek Arsenal, Philippe Senderos.

Keunggulan Prancis lahir dari tandukan penyerang Arsenal, Olivier Giroud, pada menit 17 yang segera disusul gol gelandang Paris St. Germain, Blaise Matuidi, semenit berselang.

Tertinggal dua gol, membuat Swiss memiliki tugas berat untuk dilakoni, pun demikian permainan mereka menjadi lebih berkembang dan kerap menebarkan ancaman ke gawang Prancis.

Granit Xhaka sebetulnya sempat menyarangkan bola ke gawang Prancis pada menit 27, namun ia terlebih dulu berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Gokhan Inler.

Menit 29, giliran pahlawan kemenangan Swiss atas Ekuador, Haris Seferovic, gagal memanfaatkan bola muntah dan tendangannya yang tidak terjangkau penjaga gawang Hugo Lloris masih menyamping tipis di sisi kiri.

Pada menit 31 Benzema dilanggar Johan Djorou di dalam kotak penalti dan wasit Bjorn Kuipers asal Belanda segera menunjuk titik putih, namun penyerang Real Madrid itu gagal menjadi eksekutor yang baik karena tendangannya masih bisa dibaca Benaglio sedangkan bola muntahan yang disepak Yohan Cabaye hanya membentur mistar gawang.

Gol Giroud berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Mathieu Valbuena dan disambut langsung dengan tandukan yang melewati kerumunan pemain belakang Swiss sekaligus penjaga gawang Diego Benaglio.

Semenit berselang, Swiss yang masih dilanda kebingungan melakukan kesalahan dan bola berhasil dibawa Karim Benzema ke tepi kotak penalti yang segera menyodorkan kepada Matuidi yang berdiri bebas.

Matuidi sukses membuat Benaglio takluk untuk kedua kalinya dalam kurun waktu 60 detik dan membawa Prancis unggul 2-0.

Pada menit 40, Valbuena membawa Prancis unggul 3-0.

Gol berawal dari skema serangan balik saat Prancis mengantisipasi sepak pojok Swiss dan mengirimkan bola kepada Giroud dari sayap kiri dan menusuk ke dalam kotak penalti pada menit 40.

Melihat rekannya berdiri bebas, Giroud segera mengirim umpan matang yang diselesaikan dengan baik oleh Valbuena dan memperbesar keunggulan Prancis menjadi 3-0 atas Swiss.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum, meski Prancis masih terus menebarkan ancaman di hadapan gawang Benaglio di sisa waktu enam menit babak pertama.

Berikut susunan lengkap pemain berdasarkan laman FIFA.

Swiss: Diego Benaglio (PG), Stephan Lichsteiner, Ricardo Rodriguez, Steve von Bergen (K/Philippe Senderos), Johan Djorou, Gokhan Inler, Valon Behrami, Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Admir Mehmedi, Haris Seferovic

Prancis: Hugo Lloris (PG/K), Mathieu Debuchy, Patrice Evra, Raphael Varane, Mamadou Sakho, Blaise Matuidi, Yohan Cabaye, Moussa Sissoko, Mathieu Valbuena, Olivier Giroud, Karim Benzema

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014