Semuanya tergantung kami untuk merumput dan mendapatkan sesuatu dari Spanyol serta memaksakan permainan kami kepada mereka."
Vitoria, Brasil (ANTARA News) - Australia bertekad mengakhiri penampilan mereka di putaran final Piala Dunia 2014 dengan kemenangan mengejutkan atas juara bertahan Spanyol, kata kapten tim Mile Jedinak pada Jumat waktu setempat.

Tim berjuluk Socceroos itu tengah ditumbuhi kepercayaan diri setelah menyulitkan Belanda meski akhirnya takluk 3-2 dan Jedinak mengatakan lantaran sekarang timnya sudah pasti tersingkir, mereka ingin tampil lebih baik melawan Spanyol.

"Semuanya tergantung kami untuk merumput dan mendapatkan sesuatu dari Spanyol serta memaksakan permainan kami kepada mereka," kata gelandang yang membela klub Inggris, Crystal Palace, itu.

"Kami melakukannya di dua laga sebelumnya, meski kami gagal mendapatkan apapun, namun ini waktunya kami memperbaiki."

Jedinak mengatakan Tim Cahill tidak beruntung lantaran harus absen dari laga Senin (23/6) mendatang, setelah ia mencetak gol dalam kekalahan 3-1 dari Chile dan menciptakan salah satu gol terbaik Piala Dunia lewat tendang sentuhan pertama saat menghadapi Belanda.

Akan tetapi ia menolak untuk membicarakan masa depan pemain berusia 34 tahun itu, termasuk kemungkinan tampil di Piala Asia saat Australia menjadi tuan rumah tahun depan.

Sementara itu pemain belakang yang melepaskan umpan silang gol Cahill, Ryan McGowan, meyakini Spanyol yang tengah terluka akan bermain tangguh saat menghadapi Australia setelah secara memalukan tersingkir dari putaran final Piala Dunia.

Ia juga memuji kontribusi pelatih Ange Postecoglou yang mengambil alih kursi kepelatihan tahun lalu dan berperan atas peran Australia meramaikan Grup B yang dianggapnya sulit.

"Ia masih dipercaya banyak orang, cara kami bermain dan bagaiamana ia ingin kami bermain dan secara taktik kami tahu apa yang akan dilakukan sebelum memasuki lapangan," kata McGowan.

"Analisa rekaman pertandingan dan hal-hal yang kami lakukan di luar lapangan berkelas dunia. Itu yang ia katakan ingin dilakukan dan itu akan meningkatkan kemampuanmu sebagai pemain."

McGowan mengaku sesi latihan bersama Postecoglou berlangsung luar biasa dan dinilainya sebagai salah satu yang terbaik yang pernah dijalaninya, dan Postecoglou adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah bekerja sama dengannya, demikian AFP. (*)

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014