Fortaleza, Brasil (ANTARA News) - Ghana membuktikan ketangguhannya dengan menahan imbang tim kuat Jerman 2-2 dalam pertandingan putaran dua penyisihan Grup G di Castelao, Forteleza, Sabtu sore (Minggu dinihari WIB).

Gotze membuat Jerman lebih dulu memimpin melalui sundulan yang menyentuh dengkul pada menit 51, namun tidak selang lama Ayew menyamakan kedudukan lewat sundulan keras menit 54.

Namun belum berhenti sorak sorai pendukung Jerman, Ayew dengan sundulan keras mampu menaklukkan kiper Neuer untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Umpan cantik Horrison Afful diselesaikan dengan baik oleh Ayew yang berada di dekat titik penalti Jerman.

Ghana yang terus menjaga tempo cepat permainannya, kemudian mampu membalik keadaan. Melalui Asamoah Gyan pada menit 63, Black Stars berganti memimpin 2-1.

Gyan yang mendapatkan umpan terobosan, berlari mengalahkan dua bek Jerman dan melayangkan tembakan yang tidak bisa dijangkau kiper Neuer.

Seperti halnya dalam serangan, dalam gol pun Ghana dan Jerman saling balas. Miroslav Klose yang masuk menggantikan Gotze pada menit 69, mencetak gol dalam dua menit kemudian.

Gol Klose menit 71 itu telah menyelamatkan Jerman dari kekalahan dalam pertandingan menegangkan nan melelahkan melawan tim Afrika Ghana.

Dalam sisa waktu babak kedua berikutnya, Jerman dan Ghana tetap begitu intensif menyerang, mencari kelengahan lawan untuk perburuan satu gol kemenangan.

Ayew kembali mengancam gawang Jerman menit 88, bola tendangannya melayang ke arah pojok bawah gawang, tapi Neuer dengan sigap mampu menghadangnya.

Setelah upaya Gyan yang gagal, Jerman terus berburu. Klose yang menerima umpan Ozil melayangkan tembakan, sayang masih melenceng.

Begitu pun dengan umpan silang Ozil dari kanan pertahanan Ghana, masih mampu dihadang oleh Waris dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Hingga pertandingan babak kedua berakhir, Ghana patut mendapatkan pujian, mampu menahan Jerman 2-2. Sementara bagi Jerman, pertandingan itu harus dibayar mahal karena striker andalannya Muller berdarah-darah pada mukanya. Ia terluka dalam perebutan bola di udara dengan John Boye.

Babak pertama

Banyak ketegangan dalam pertandingan babak pertama Jerman melawan Ghana, yang masing-masing saling berbalas serangan dan ancaman ke gawang lawan.

Dalam babak pertama, baik kiper Jerman Neuer maupun penjaga gawang Ghana Dunda harus berjibaku menghadang dua tendangan keras.

Mengawali babak pertama, Ghana langsung menekan Jerman melalui Christian Atsu yang melayangkan umpan kepada Asamoah Gyan. Gyan yang dalam tekanan bek Jerman gagal mengarahkan bola ke gawang lawannya.

Sementara serangan Jerman yang dibangun dari sayap beberapa kali gagal menerobos daerah penalti Ghana karena diblok, termasuk tembakan Kroos yang dihadang Jonathan menit 11.

Ghana kemudian membuat kejutan, Rabiu yang berusaha menyelesaikan serangan apik Ghana, bola tendangannya masih bisa diblok Neuer.

Jerman yang membalas tekanan dengan serangan balik pada menit 18 juga masih gagal. Tendangan keras Khedira dari depan kotak penalti setelah menerima umpan dari Ozil, tembakannya juga diblok kiper Dauda.

Tak mau kalah, kiper Jerman Neuer juga menunjukkan penyelamatan gemilang, menghadang tembakan keras Muntari dari jarak jauh.

Permainan jual beli serangan terus berlangsung, Jerman pada menit 37 kembali mengancam melalui tendangan Gotze, tapi lagi-lagi kiper Ghana Dauda masih tangguh menjaga gawangnya.

Pada akhir babak pertama, Ghana masih mencoba menekan, akan tetapi tembakan Ayew menit 45 masih melebar dari gawang Jerman.

Ghana kembali mendapatkan peluang melalui sepak pojok Muntari, dan Atsu yang mendapatkan bola mencoba melayangkan tembakan, namun masih berhasil diblok pemain Jerman.

Babak pertama pun berakhir sama kuat tanpa gol, dan ditandai dengan upaya Kroos yang gagal.

Susunan pemain Jerman vs Ghana

Jerman

Line-ups: 1-Neuer (GK), 4-Howedes, 5-Hummels, 6-Khedira, 8-Ozil, 13-Muller, 16-Lahm (C), 17-Mertesacker, 18-Kroos, 19-Gotze, 20-Boateng.

Cadangan: 12-Zieler (GK), 22-Weidenfeller (GK), 2-Grobkreutz, 3-Ginter, 7-Schwinsteiger, 9-Schurrle, 10-Podolski, 11-Klose, 14-Draxler, 15-Durm, 21-Mustafi, 23-Kramer.

Pelatih: Joachim Loew (Jerman)

Ghana

Line-ups: 16-Dauda (GK), 3-A Gyan (C), 7-Atsu, 9-Prince, 10-A Ayew, 11-Muntari, 17-Rabiu, 19-Jonathan, 20-K Asamoah, 21-Boye, 23-Harrison.


Cadangan: 1-S Adams (GK), 12-Kwarasey (GK), 2-Inkoom, 4-D Opare, 5-Essien, 6-Acquah, 8-Badu, 13-J Ayew, 14-Adomah, 15-Sumaila, 18-Waris, 22-Wakaso.

Pelatih: James Appiah (Ghana).

Pewarta: -
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014