Jakarta (ANTARA News) - Uruguay berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Italia 1-0 pada pertandingan Piala Dunia Grup D di Dunas Arena, Natal, Rabu dini hari.

Hasil ini juga berarti membuat pemain Italia harus pulang ke tanah airnya lebih awal.

Di Grup D, Uruguay lolos bersama Kosta Rika yang saat bersamaan bermain seri melawan Inggris. Kosta Rica menjadi juara grup dengan nilai 7 dan Uruguay dengan nilai 6.

Sebenarnya Italia cukup bermain seri jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Namun kartu merah yang diperoleh Claudio Marchisio pada menit 59 menjadi awal mimpi buruk bagi Tim Biru.

Pada menit 82, Diego Godin membuat gol melalui sundulan keras setelah menerima umpan dari tendangan sudut.

Setelah itu, Italia mencoba melakukan tekanan namun ketatnya pertahanan dan jumlah  pemain Uruguay yang lebih banyak membuat semua serangan menjadi mentah.  Bahkan tambahan waktu lima menit yang diberikan panitia pertandingan tidak mampu mengubah skor.

Pada babak pertama Italia lebih banyak menyerang dan bahkan mengusai permainan dengan dominan. Berdasarkan data Scoremobile, sampai babak pertama penguasaan bola Italia mencapai 65 persen sementara Uruguay hanya 35 persen. (*)

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014