Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerbitkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Elektronik bagi anggota Polri bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-68 Polri.

Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan yang unik dari KTA Elektronik ini yakni kartu tersebut juga dapat berfungsi sekaligus sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"KTA ini dapat berfungsi sekaligus sebagai kartu ATM dan uang elektronik BRI atau BRIZZI," ujar Budi saat penandatanganan kerja sama (memorandum of understanding) di Markas Besar (Mabes) Polri oleh Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman dan Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basir.

Dengan fungsinya sebagai uang elektronik BRI atau BRIZZI, kartu tersebut dapat digunakan sebagai alat bayar di beberapa alat transportasi umum, seperti busway dan commuter line serta merchant-merchant belanja yang tersebar di seluruh Indonesia.

Budi menuturkan, teknologi yang digunakan dalam kartu tersebut yakni teknologi microchip.

"Dengan memanfaatkan teknologi microchip, KTA Elektronik Polri ini selain menjadi data berjalan yang berisi tentang riwayat hidup personil (RHPP) juga memiliki beberapa fungsi lainnya," kata Budi.

menurut Budi, penerapan KTA elektronik ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dari KTA itu sendiri dan memberikan nilai tambah serta sejalan dengan terbitnya Perdijen Kemenkeu No PER-43/PB/2013 tentang Tata Cara Pembayaran Belanja Pegawai pada Satker Polri: Pasal 43 ayat 2.

"Di sana dinyatakan bahwa pembayaran gaji Induk dilaksanakan langsung kepada anggota atau PNS Polri melalui rekening masing-masing secara Giral. Sehingga penyaluran hak-hak anggota Polri dapat dilakukan dengan memenuhi azas 3 T: Tepat Orang, Tepat Waktu dan Tepat Jumlah," ujar Budi.

Budi menjelaskan, penerapan KTA ini memberikan nilai tambah bagi BRI sebab anggota Polri memiliki anggota yang sangat banyak.

"Saat ini, dari seluruh anggota Polri di seluruh Indonesia yang berjumlah 407.738, BRI telah mengelola rekening gaji dan tunjangan (payroll) lebih dari 200 ribu personil Polri, dan BRI berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Polri selama ini," ujar Budi.

Ke depan, Bank BRI optimistis dapat terus memberikan layanan terbaik bagi anggota dan PNS Polri.

"Kehadiran BRIsat (satelit BRI) tentunya akan memberikan jaminan serta kualitas jaringan komunikasi Bank BRI, baik di seluruh Unit Kerja maupun e-channel yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Budi.

(C005/R010)

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014