... pers Indonesia, berkomitmen untuk bekerja profesional dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan kaidah jurnalistik, kode etik jurnalistik serta menghormati hukum dan nilai-nilai demokrasi... "
Jakarta (ANTARA News) - Komponen pers Indonesia menyatakan komitmen bersama untuk menjaga suasana kondusif terkait pelaksanaan Pemilu Presiden 2014.

Komitmen bersama itu dibacakan Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, disaksikan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Sutarman, Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, bersama perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, dan Forum Pemred, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat.

Manan mengatakan, pers Indonesia berkomitmen menggunakan kemerdekaan pers untuk kepentingan publik.

"Kami, pers Indonesia, berkomitmen bekerja profesional dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan kaidah jurnalistik, kode etik jurnalistik serta menghormati hukum dan nilai-nilai demokrasi," ujar dia.

Ia mengatakan pers Indonesia, akan selaku mengedepankan prinsip akurasi, verifikasi, dan kehati-hatian terutama yang berpotensi menimbulkan perpecahan atau konflik di masyarakat serta menghindari penyebarluasan fitnah dan kebencian.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014