Jakarta (ANTARA News) - Babak kedua pertandingan perempat final Piala Dunia antara Belanda dan Kosta Rika di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu dini hari ini tetap 0-0 sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak kedua ini, Belanda tetap lebih dominan baik dalam penguasaan bola maupun menciptakan peluang, kendati seperti pada babak pertama tidak tercipta banyak.

Belanda sangat tidak beruntung dengan sekali tendangannya membentur tiang gawang dan satu lainnya dimentahkan bek Kosta Rika ketika nyaris membuat gol.

Setelah tembakan melebar Wesley Sneijder pada menit 53, Michael Umana diganjar kartu kuning karena pelanggaran keras terhadap Arjen Robben. Sneijder menjadi penyepak tendangan bebas namun dia mengirimkan bola jauh di atas mistar gawang.

Tiga menit kemudian Robben merancang sebuah upaya untuk Robin van Persie namun sayang segera dihalau barisan pertahanan Kosta Rika. Sedangkan tendangan bebas Cristian Bolanos mengawang di atas mistar gawang kiper Belanda Jasper Cillessen.

Pada menit 63 Junior Diaz mengumpan Joel Campbell namun Bruno Martins Indi menghalaunya. Dua menit kemudian giliran Giancarlo Gonzales gagal memaksimalkan umpan Bolanos setelah diganggu bek Belanda Ron Vlaar.

Tiga menit kemudian Kosta Rika menarik Joel Campbell untuk digantikan Marcos Urena yang mencetak gol saat melawan Uruguay. Pada menit 75 giliran tendangan Vlaar yang melenceng dari gawang Keylor Navas.

Satu menit kemudian Belanda memasukkan Jeremian Lens untuk menggantikan Memphis Depay, sedangkan Kosta Rika mengganti Cristian Gamboa dengan Dave Myrie tiga menit kemudian.

Pertandingan semakin seru, pada menit 82 Sneijder menciptakan peluang terbaik Belanda, namun kali ini tendangannya tidak diblok Navas, melainkan digagalkan oleh tiang gawang Kosta Rika.

Dua menit setelah itu Navas menahan tendangan Robin van Persie hanya sekitar satu meter dari gawang Kosta Rika. Van Persie juga hampir menciptakan gol pada menit-menit terakhir, tetapi barisan pertahanan Kosta Rika menetralisir serangannya kendati nyaris menciptakan gol bunuh diri.

Pada babak pertama kedua tim bermain seri 0-0 dengan lima peluang gol tercipta yang empat diantaranya dimiliki Belanda yang tampil dominan pada babak ini.

Setidaknya tiga peluang bersih Belanda menjadi sia-sia akibat cemerlangnya Keylor Navas.

Pada menit 22 Navas mementahkan tendangan keras Robin van Persie dari dalam kotak penalti, yang beberapa detik kemudian disambung tembakan Wesley Sniejder ketika rangkaian serangan Belanda yang diaransemen apik dari kedua sayap menusuk pertahanan Kosta Rika.

Tujuh menit kemudian Navas kembali mementahkan tembakan kaki kiri Memphis Depay setelah penyerang muda Belanda ini menembus lapangan tengah dan pertahanan Kosta Rika usai menerima bola dari van Persie. Pada menit 43, giliran Sneijder yang digagalkan peluangnya oleh Navas, setelah dia menerima bola dari Arjen Robben.

Sementara Kosta Rika mengancam dua kali lewat set piece yang dilakukan Christian Borges salah satunya pada menit 34 namun berhasil diamankan oleh kiper Jasper Cillessen.

Susunan pemain:
Belanda:
Jasper Cillessen; Ron Vlaar, Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi; Daley Blind, Wesley Sneijder, Dirk Kuyt, Georginio Wijnaldum, Memphis Depay (Jeremain Lens); Robin van Persie, Arjen Robben

Kosta Rika: Keylor Navas; Johnny Acosta, Giancarlo González, Michael Umaña, Júnior Díaz, Cristian Gamboa (Dave Myrie); Celso Borges, Christian Bolaños, Bryan Ruiz, Yeltsin Tejeda; Joel Campbell (Marco Urena)



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014