London (ANTARA News) - Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 telah digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bucharest, Rumania, Sabtu yang dimulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.00 waktu setempat.

Pelaksanaan pemilu dilakukan pada 5 Juli sesuai dengan arahan dari Komisi Pemilihan Umum Luar Negeri yang menetapkan pilihan pelaksanaan pilpres di antara tanggal 4, 5 atau 6 Juli 2014, kata Sekretaris Satu KBRI Bucharest, Gatot Amrih Djemirin, kepada Antara London, Minggu.

Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) KBRI Bucharest menetapkan jadwal pencoblosan pada 5 Juli karena bertepatan dengan hari Sabtu dan sudah memasuki periode libur musim panas sekolah di Rumania.

Duta Besar RI untuk Rumania, Diar Nurbintoro, menyampaikan bahwa terjadi kenaikan jumlah pemilih di DPT Pemilu Presiden dibandingkan dengan DPT Pemilu Legislatif.

Hal ini dikarenakan bertambahnya jumlah pemilih pada rentang masa bulan Mei-Juni 2014 seiring dengan pertambahan staf KBRI Bucharest dan jumlah WNI yang berkunjung ke Romania dengan tujuan pendidikan, wisata maupun kunjungan keluarga.

Penghitungan suara di TPSLN KBRI Bucharest baru akan dilaksanakan pada 9 Juli 2014 bersamaan dengan penghitungan suara hasil pilpres di Indonesia.

Pemilu Presiden terpantau berjalan dengan lancar dan tertib serta dihadiri oleh anggota masyarakat Indonesia yang cukup antusias untuk memberikan hak pilihnya, kata Gatot Amrih.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014