Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Jerman Miroslave Klose mencetak sejarah sekaligus mengalahkan dua hal dalam sepakbola Brasil ketika ia mencetak gol pada menit 23 dalam laga semifinal Piala Dunia 2014 di Belo Horizonte, Selasa sore (Rabu pagi WIB).

Klose yang mencetak gol ketiga Jerman dalam kemenangan 7-1 melawan tuan rumah Brasil itu telah memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa dengan 16 gol.

Dengan satu gol dalam laga yang dimenangkan telak oleh Jerman, Klose telah mengalahkan dua hal dari Brasil, yakni sebagai tim saingannya di Piala Dunia dan pemainnya pada masa kejayaan 2002, Ronaldo.

Klose telah melampaui capaian Ronaldo, yang mengemas 15 gol dan sebelumnya sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia.

Ronaldo sekarang tidak lagi menjadi pencetak gol terbanyak, dan Klose datang ke negara Ronaldo untuk membuktikan bahwa ia lah sekarang top scorer sepanjang masa Piala Dunia.

Pemain Jerman bernomor punggung 11 itu mencetak gol ke gawang Brasil pada menit 23, setelah tendangan pertamanya berhasil diblok kiper Julio Cesar, tapi tidak tendangan keduanya dan bola masuk ke gawang tuan rumah.

Dalam perebutan tempat final di Belo Horizonte itu, Jerman membuat pendukung Brasil menangis pilu dengan membombardir gawang tuan rumah untuk skor akhir 7-1.

Satu-satunya gol balasan Brasil--seolah sekedar hiburan--dicetak oleh Oscar pada menit 90.

Sementara Jerman membuka keunggulan dengan cepat lewat Mueller menit 11, diikuti kemudian gol Klose menit 23, lalu dua gol Toni Kroos menit 25, 26, Khedhira menit 29, dan Schuerrle dua gol menit 69 serta 79.

Jerman melenggang ke pertandingan pamungkas untuk menghadapi pemenang antara laga Belanda vs Argentina yang akan berlangsung Rabu (Kamis pagi WIB), demikian merangkum data-data dari FIFA.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014