Makanan bergizi kunci sehat berpuasa

Makanan bergizi kunci sehat berpuasa

Ilustrasi -- Makanan Bergizi (healthyfoodssite.com)

Untuk makan sahur dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti serat hewani agar perut merasa kenyang lebih lama
Banjarmasin (ANTARA News) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, drg Diah R Praswasti memberikan tips yang baik bagi masyarakat Muslim yang ingin tetap sehat saat berpuasa yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

"Untuk makan sahur dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti serat hewani agar perut merasa kenyang lebih lama," kata Diah R Praswati, di Banjarmasin, Senin.

Ia juga menganjurkan supaya memperbanyak minum air, karena saat puasa tubuh membutuhkan air terutama untuk menjaga suhu tubuh dan mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh, khususnya ke otak.

Untuk berbuka puasa sebaiknya makanan tinggi glukosa (gula) agar tubuh, khususnya otak, mendapat pasokan energi lebih cepat sehingga tubuh akan cepat segar kembali, tambahnya.

Ia menjelaskan berpuasa bermanfaat jika dilakukan secara benar, karena mampu membakar lemak dan menurunkan kadar kolestrol.

Puasa juga bisa mencegah diabetes melitus (DM) karena saat kita berbuka dan sahur, kadar gula darah akan meningkat, tubuh merespon ini dengan memerintahkan hormon insulin untuk menyimpan gula tersebut dalam hati.

Pada siang hari ketika kadar gula menurun, tubuh membongkar cadangan gula tadi sehingga gula dalam darah akan tetap terkontrol dengan baik karena pembakaran energi berlangsung secara perlahan.

Karena itu bagi penderita DM tidak membahayakan dengan berpuasa, dan justru puasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh meningkat karena saat berpuasa akan terjadi "paceklik gizi". Secara alami tubuh melihat ini sebagai ancaman, oleh sebab itu tubuh akan memacu semua sistem pertahanan diri secara optimal, karena masih ada pasokan gizi dari berbuka puasa dan sahur, sehingga puasa membuat tubuh lebih jarang terkena flu walau mengurangi makan.

Manfaat lainnya berpuasa akan memacu detoksifikasi, selain membuat metabolisme lebih efisien dan melatih pengendalian diri.
(H005)

Pewarta: Hasan Zainuddin
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

IDI sarankan konsumsi masakan rumah dengan gizi seimbang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar